5 Kebiasaan Makan Orang Indonesia yang Ternyata Dianggap Aneh Orang Asing

Senin, Maret 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Setiap negara pasti punya budaya dan kebiasaan yang tentunya berbeda-beda dan unik. Begitu juga di Indonesia, banyak ciri khas yang dianggap aneh oleh orang luar tapi menjadi wajar di Indonesia, salah satunya adalah kebiasaan makan.

Mulai dari cara makan hingga menu makanan, beberapa dianggap unik oleh negara lain. Apa saja ya? Simak yuk artikel di bawah ini.

1. Makan mie instan pakai nasi
Di Indonesia ada istilah kalau belum makan nasi, belum makan namanya. Jadi, walaupun sudah ada mie yang termasuk dalam karbohidrat tapi tetap juga dicampur dengan nasi. Umumnya, mie instan hanya dianggap pelengkap, bukan menu utama.
2. Tanpa sambal makanan jadi hambar
Indonesia adalah surganya sambal dan masakan pedas. Hampir setiap daerah memiliki sambal khasnya masing-masing, seperti sambal matah di Bali, sambal terasi di Jawa atau sambal balado khas Minangkabau.
Tak heran jika tingkat konsumsi cabai sangatlah tinggi. Inilah yang membuat orang Indonesia merasa hambar dan kurang lengkap rasanya bila makan tidak ditemani sambal.
3. Makan pakai tangan
Orang Indonesia dikenal suka makan dengan tangan langsung, artinya tidak menggunakan sendok ataupun garpu, terutama untuk makanan yang berunsur sambal dan lalapan. Kebiasaan inilah yang menjadi ciri khas cara makan orang indonesia yang sangat jarang kita temui di luar negeri.
4. Makan sambil angkat kaki
Kebiasaan ini bagi orang luar tentunya terlihat tidak sopan, karena perbedaan kebiasaan di masing-masing negara. Namun, kita malah merasa sangat nyaman jika makan sambil angkat kaki, terutama ketika berada di warung-warung lesehan sambil makan dengan lahap.
5. Makan bersama-sama
Orang Indonesia sudah lama terkenal sebagai bangsa yang ramah dan tentunya suka bersosialisasi. Oleh karena itu, makan pun kita pasti lebih suka bersama keluarga atau teman, agar tercipta suasana makan yang menyenangkan.

Meski makan dengan menu sederhana, justru akan lebih seru dan nikmat daripada makan mahal tapi hanya dinikmati sendiri. Keakraban juga akan terlihat sehingga suasana makan bersama jadi lebih cair.


Sumber : kumparan.com

0 comments: