5 Makanan-Minuman yang Bantu Usir Perut Kembung

Selasa, Maret 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Alpukat, salah satu makanan yang bantu mengatasi perut kembung. (iStockphoto/MarsBars)

Perut kembung bisa dialami siapa saja. Meski tak berbahaya, namun perut kembung bisa menimbulkan rasa tak nyaman.

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mengatasi perut kembung. Makanan ini bisa dengan mudah Anda temukan.

Perut kembung bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari konsumsi makanan cepat saji berlebihan, dehidrasi, sembelit, bahkan menstruasi bagi wanita.


Makanan yang Mengatasi Perut Kembung

Meski demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan ketidaknyamanan akibat perut kembung ini, sebab ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan perut kembung secara cepat. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan.

1. Minum banyak air
Para ahli merekomendasikan wanita minum sekitar 2,7 liter air per hari. Dikutip dari Byrdie, minum lebih banyak air membantu tubuh membuang sisa air yang tersimpan. Jadi semakin banyak Anda minum, semakin sedikit kemungkinan mengalami kembung.

2. Konsumsi makanan kaya potasium

Ilustrasi. Pisang, salah satu makanan yang bantu mengatasi perut kembung. (iStockphoto/AmalliaEka)

Seorang ahli gastroenterologi di Virginia, Patricia Raymond mengatakan, konsumsi makanan kaya potasium seperti pisang, alpukat, dan ubi jalar bisa membantu mengatur retensi cairan serta mengelola dan meminimalkan kembung di pagi hari.

3. Tambahkan jahe dan lemon di minuman
Jahe menjadi salah satu makanan yang membantu mengatasi perut kembung. Anda bisa menambahkan satu potong jahe pada minuman teh atau bahkan membuat jus dengan jahe.

Selain itu, lemon juga baik untuk pencernaan dan memiliki manfaat untuk meredam kembung saat menstruasi. Anda bisa menggabungkan keduanya.

4. Semangka dan daun mint
Dikutip dari India Today, Anda bisa membuat minuman detoks dengan menambahkan beberapa potong semangka dan daun mint ke dalam minuman.

Air detoks tidak hanya akan membantu menghilangkan semua racun jahat dari tubuh, tetapi juga akan secara efektif membantu mengecilkan perut.

5. Konsumsi banyak serat
Dikutip dari Medical News Today, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat bisa mencegah sembelit dan perut kembung.

Beberapa makanan yang bisa mengatasi perut kembung dan kaya serat ini di antaranya sayur-sayuran dan buah.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: