5 Tempat dengan Tata Kota Terbaik di Dunia

Senin, Maret 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


SETIAP negara punya caranya sendiri untuk mengatur tata letak kota mereka supaya menarik wisatawan asing untuk berkunjung. Memang, salah satu faktor yang dapat membuat wisatawan tertarik adalah dengan menata kota semenarik mungkin.

Nah, di dunia ini ada 5 tempat yang dikatakan sebagai tempat dengan tata kota terbaik. Dimana saja kah kira-kira?

Mengutip akun Instagram Peponi Travel, berikut daftarnya:

Singapura

Peringkat pertama ternyata diambil alih oleh tetangga kita nih! Kota kecil ini memiliki visi jangka panjang yang sangat penting dalam menciptakan kota yang sukses.

Bagaimana tidak? Kota ini tadinya dibangun di atas rawa-rawa namun kini berubah menjadi kota arsitektur inovatif dengan ruang hijau buatan yang tumbuh subur di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

Sarana transportasi kota ini juga sangat memadai dengan jaringan MRT dan bus yang mencakup area luas, sehingga para warga dapat mengandalkan transportasi umum serta berkontribusi untuk mengurangi polusi udara di sana.

Copenhagen, Denmark

Copenhagen terkenal dengan jumlah pesepeda yang banyak, sehingga tak heran jika kamu akan melihat jalur sepeda yang dominan di sana. Kota ini memiliki target utama yaitu pada 2025, kota ini akan menjadi kota pertama bebas gas karbon melalui penerapan tenaga angin.

Tenaga angin tersebut menggunakan bahan bakar biomassa dan energi alternatif untuk menunjang kota bebas karbon pada 2025. Sarana transportasi di Denmark juga memadai untuk warganya. Selain itu, jalur sepeda yang layak dan trotoar untuk pejalan kaki sangat memudahkan warganya.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam merupakan kota yang pandai mengatur sistem pengairannya. Kota ini sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan air laut. Maka dari itu, Amsterdam membangun kanal-kanal air yang disusun secara cermat agar dapat mencegah banjir.

Selain mencegah banjir, sekitar kanal dibuat dengan rapi agar dapat menjadi tempat wisata yang menarik wisatawan. Sistem transportasi di sana sangat rapi dan memadai untuk warga lokal dapat bermobilisasi.

Seoul, Korea Selatan

Pecinta drama Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan tata kota Seoul yang sering menjadi set lokasi dari syuting. Bahkan, saat ini Kota Seoul sedang mengerjakan Seoul Plan 2030 dengan misi membuat:

- Kota yang berpusat pada masyarakat tanpa diskriminasi

- Kota global yang dinamis dengan pasar kerja yang kuat

- Kota budaya dan sejarah yang semarak

- Kota layak hidup dan aman

- Kota yang berorientasi komunitas dengan perumahan yang stabil dan transportasi yang mudah.

Kobe, Jepang

Jepang tentu terkenal dengan tata kota yang rapi dan bersih. Salah satu kota yang dinobatkan ter-rapi adalah Kota Kobe. Meski pernah mengalami gempa bumi pada 1995, kota ini direkonstruksi hingga menjadi cantik.

Transportasi di Kobe sangat memadai! Setiap stasiun kereta jadwalnya selalu tepat waktu sehingga memudahkan mobilitas warganya. Kalau kamu berkunjung, jangan lupa untuk mencoba Kobe Beef di sana ya!

Sumber : okezone

0 comments: