7 Negara Maju di Benua Asia yang Berpengaruh di Dunia

Rabu, Maret 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Setiap negara di dunia tentu ingin menyandang status sebagai negara maju. Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa negara tersebut mempunyai standar hidup yang tinggi dan berhasil menyejahterakan rakyatnya.
Mengutip buku Ekonomi Pembangunan Teori dan Aplikasi, negara maju merupakan negara berdaulat yang perekonomiannya maju dan memiliki infrastruktur teknologi hebat dibandingkan dengan negara lain.
Beberapa faktor yang mempengaruhi maju atau tidaknya suatu negara adalah stabilitas politik, gross domestic product (GDP), tingkat industrialisasi, kesejahteraan sosial, infrastruktur, dan kebebasan yang dinikmati oleh warganya.
Negara maju adalah swasembada bagi negara-negara lain. Negara ini lebih banyak mendapatkan penghasilannya dari sektor industri ketimbang sektor jasanya.


Negara Maju di Benua Asia

Peringkat negara maju selalu mengalami perubahan setiap waktu sesuai dengan perkembangan negara tersebut. Berikut negara maju di benua Asia menurut United Nations Human Development Report 2020 yang dikutip dari laman World Population Review.
1. Hong Kong
Hong Kong merupakan salah satu negara dengan tingkat kelahiran terendah di dunia. Karena hal tersebut, Hong Kong tidak mengalami pertambahan penduduk yang signifikan dari tahun ke tahun.
2. Singapura
Singapura dikenal sebagai negara dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri bertanggung jawab atas sistem pemerintahan dan multi partainya. Singapura merdeka dari Malaysia pada tahun 1965.
3. Jepang
Jepang mengalami penurunan populasi sejak tahun 2009. Penyebabnya adalah penurunan jumlah kelahiran di Jepang. Negara ini sangat bergantung kepada impor sumber daya alam dan menjadi pembeli produk makanan bersih terbesar di dunia.
4. Korea Selatan
Korea Selatan memiliki tingkat GDP yang tinggi. Mereka memberikan akses kesehatan dan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakatnya. Korsel juga dikenal sebagai negara industri dan teknologi yang maju dalam sektor elektronik, telekomunikasi, produksi mobil, bahan kimia, pembuatan kapal, dan baja.

5. Uni Emirat Arab
Uni Emirat Arab mempunyai ekonomi terbesar kedua di kawasan timur tengah setelah Arab Saudi, dengan GDP melebihi $ 377 miliar. Pendapatan mereka sangat bergantung pada ekspor minyak yang mencapai 85%. Industri besar lainnya dari negara ini adalah perbankan, perdagangan, dan real estate.
6. Arab Saudi
Arab Saudi mempunyai cadangan minyak terbesar kedua di dunia yang menyumbang sekitar 70% pendapatan pemerintah di mana 95% dari ekspor setiap tahunnya. Selain itu, Arab Saudi juga menjadi negara dengan cadangan gas alam terbesar keempat di dunia.
7. Qatar
Qatar adalah negara Asia Barat yang berada di Semenanjung Qatar dan Arab. Bentuk pemerintahan mereka adalah monarki absolut yang dipimpin oleh keluarga Al Thani.

Qatar dikenal dengan mutiara dan perdagangan lautnya. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbanyak ketiga di dunia dan menjadi salah satu negara terkaya terkait pendapatan per kapitanya.


Sumber : kumparan.com

0 comments: