8 Destinasi Wisata Religi Gua Maria di Pulau Jawa

Kamis, Maret 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 03 30 406 2570505 8-destinasi-wisata-religi-gua-maria-di-pulau-jawa-sRfsUvccjU.jpg

SUDAH menjadi tradisi bagi umat Katolik untuk melakukan perjalanan religi sekaligus ziarah mengunjungi Gua Maria setiap tahunnya. Perjalanan wisata religi ini bukan sekedar jalan-jalan, melainkan untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat Katolik.

Di Pulau Jawa sendiri, terdapat beberapa Gua Maria yang biasa dikunjungi. Tempat ibadah tersebut tidak hanya menarik dan menawan bagi umat Katolik di Indonesia saja, tapi juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Beberapa Gua Maria didesain sangat indah dengan sentuhan arsitektur yang menawan. Arsitektur tersebut merupakan cerminan akulturasi dengan budaya dan adat setempat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa gua Maria yang terkenal dan populer dijadikan destinasi wisata religi.

Gua Maria Lembah Karmel, Jawa Barat

Gua Maria Lembah Karmel berada di Lembah Karmel, Cikanyere, Cipanas, Puncak. Bagi umat Katolik, gua ini adalah lokasi wisata religi yang populer untuk misa penyembuhan yang diadakan setiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Wilayah di sekitarnya dikelilingi oleh taman dan terdapat patung replika Yesus yang tengah merentangkan tangannya untuk memberi berkat.

Gua Maria Gunung Ciremai, Jawa Barat

Gua Maria ini terletak di ketinggian Gunung Ciremai, Jawa Barat, dan sudah berdiri selama 22 tahun. Saat berkunjung ke dalamnya, Anda bisa merasakan aroma lilin yang dibakar para umat yang tengah beribadah. Saat menuju ke Gua Maria ini, Anda harus menaiki puncak tangga berbatu.

Gua Maria Ganjuran, Yogyakarta

Gua Maria ini berada di dalam kompleks Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus di Bantul, Yogyakarta. Gereja yang diresmikan pada tahun 1930 ini memiliki arsitektur seperti candi, dan dihiasi patung Yesus yang digambarkan seperti dewa Hindu. Uniknya, bangunan gua ini sangat mencerminkan pengaruh dari Belanda, Hindu, dan Jawa.

Gua Maria Kerep, Jawa Tengah

Gua Maria Kerep berlokasi di Paroki St. Yusuf, Ambarawa, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1954 atas peran seorang Belanda yang bertugas mengelola kebun di sekitar Ambarawa. Kawasan Gua Maria ini dilengkapi dengan area perkemahan, taman gantung, dan taman doa.

Gua Maria Kaliori, Jawa Tengah

Gua Maria Kaliori terletak di Kaliori, Purwokerto, Banyumas. Gua ini dibangun pada 15 Agustus 1989 dan berada di bawah naungan Keuskupan Agung Purwokerto. Pada 10 Oktober 1989, Bapa Suci Yohanes Paulus II datang Gua Maria Kaliori untuk mengikuti misa agung dan memberkati patung Bunda Maria, juga menandatangani prasasti.

 Ilustrasi

Gua Maria Sendang Ratu Kenya, Jawa Tengah

Gua ini juga dikenal sebagai Gua Hati Ibu Yang Bahagia. Terletak di dalam paroki St. Ignatius, Danan, Giriwoyo, Wonogiri. Nama gua ini diadaptasi dari makna sumber air yang melambangkan sumber rahmat Tuhan yang dialirkan oleh Ratu Kenya (Bunda Maria).

Gua Maria Sendangrejo, Jawa Timur

Gua Maria Sendangrejo terletak di Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur. Di samping pelataran Gua ini terdapat sebuah ruang doa dengan patung Bunda Maria di dalamnya. Uniknya, gua ini dibelah oleh sungai yang ada di tengah. Tidak perlu khawatir, karena telah disediakan jembatan penghubung yang menghubungkan antar lokasi.

Gua Maria Pohsarang, Jawa Timur

Gua Maria Pohsarang, atau sering disebut juga sebagai Puhsarang, terletak di dalam kompleks Gereja Pohsarang, Kediri, Jawa Timur. Sebelumnya, sudah terdapat Gua Maria di kompleks ini, namun karena bentuknya terlalu kecil maka pada tahun 1998 dimulailah pembangunan gua Lourdes yang merupakan replika Gua Maria Lourdes yang ada di Prancis.


Sumber : OKEZONE

0 comments: