Ada Permen Unik Rasa Besi, Saat Dimakan Rasanya Seperti Darah

Kamis, Maret 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Di Jepang ada permen tradisional yang dikenal dengan sebutan kompeito. Permen ini dibuat dengan rasa besi, ketika dicicip rasanya mirip darah segar. Waduh!

Kompeito adalah salah satu permen tradisional Jepang. Permen ini punya tekstur keras dan rasa manis. Biasanya permen ini hadir dalam pilihan rasa buah yang menyegarkan. Namun ada juga pembuat kompeito yang berani menghadirkan permen dengan rasa ekstrem.


Dilansir dari Soranews (30/3) kompeito terbuat dari bahan baku gula yang diolah dengan cara khusus sehingga teksturnya keras. Untuk menarik perhatian, kompeito dibuat dengan berbagai warna dan rasa.

Sebuah hotel di Jepang menawarkan permen kompeito yang unik. Di Hotel Chigusa, permen kompeito dibuat dengan rasa besi.

Pabrik baja Yahata Steel Works didirikan pada tahun 1896 dan 90 persen produksi baja Jepang dilakukan oleh pabrik ini. Dikenal karena kontribusinya terhadap modernisasi Jepang dan pertumbuhan ekonomi yang cepat, pabrik baja tersebut diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2015.

Chigusa Hotel memutuskan untuk membuat kompeito rasa besi sebagai cara untuk merayakan penobatan Yahata Steel Works sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Permen unik ini diklaim sebagai satu-satunya permen rasa besi pertama di dunia.

Ketika menggigit permen ini serasa sedang menggigit besi baja yang keras dan memiliki rasa khas. Uniknya beberapa orang yang sudah pernah mencoba permen ini justru mengatakan rasanya seperti darah.

Ketika permen ini masuk ke mulut, orang merasakan seolah-olah gusinya berdarah. Padahal aslinya permen ini dibuat untuk menghadirkan sensasi rasa besi.

Tak hanya satu orang yang mengatakan sensasi permen ini rasa darah, tapi hampir semua orang yang mencicipinya mengatakan bahwa makan permen ini seperti makan permen rasa darah. Bahkan rasa manis atau asam dari permen ini tertutup rasa dominan besi.

Permen rasa besi ini bukan satu-satunya yang unik. Sebelumnya juga pernah ada permen yang hadir dengan rasa aneh. Ada permen Bean Boozled yang dalam satu kemasan berisi berbagai rasa aneh. Menurut banyak orang permen ini memiliki rasa seperti kayu, rumput, rasa amis bahkan rasa kentut.

Ada juga permen yang dibuat dengan rasa minyak aromaterapi. Permen rasa minyak kayu putih justru populer sebagai camilan untuk mengusir mual.



Sumber : detik.com

0 comments: