Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud Serta Keutamaan yang Akan Didapatkan

Selasa, Maret 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud Serta Keutamaan yang Akan Didapatkan
Ilustrasi Sholat - Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud (Pixabay)

Suara.com - Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari disepertiga malam. Karena waktu tersebut menjadi saat yang paling tepat untuk seseorang memanjatkan segala hajat dan keinginanya. Agar lebih afdal lengkapi dengan bacaan dzikir dan doa sholat tahajud serta keutamaannya. 

Selain doa sholat tahajud adapula dzikir yang banyak keutamaan, keduanya dapat dipanjatkan ketika selesai sholat tahajud. Banyak sekali keutamaan membaca dzikir ketika selesai sholat. Allah SWT akan memberikan pahala yang melimpah dan dikabulkannya doa-doa. 

Ibadah sholat tahajud menjadi suatu amalan sunnah yang sangat dicintai oleh Rasullullah SAW. Di mana, saat itu kita akan merasakan ketenangan dan kedekatan dengan sang pencipta. Selesai sholat, panjatkan dzikir dan doa sholat tahajud berisi segala keinginan dan curahkan semua kegundahan dan keresahan karena sesungguhnya Allah maha pendengar dan penyayang. 

Berikut ini ulasan mengenai doa sholat tahajud, dzikir dan keutamaan dari sholat tahajud! 

Dzikir setelah Sholat Tahajud 

Dzikir merupakan kalimat-kalimat yang diucapkan untuk memanggil Allah dengan sebutan-sebutan yang indah. Selain akan mendapatkan pahala, Allah sangat senang ketika ada hambaNya yang gemar berzikir selepas sholat. Begitu pula saat selesai sholat tahajud, umat Islam dianjurkan untuk berzkir. Berikut dzikir-dzikir yang dapat dipanjatkan setelah sholat tahajud: 

1. Baca kalimat Istighfar 

2. Baca kalimat Tasbih 

3. Baca kalimat Tahlil 

4. Baca kalimat Tahmid 

5. Baca Sholawat Nabi 

6. Baca surah Al-Ikhlas 

7. Baca surah Al-Falaq 

8. Baca surah An-Nas 

9. Baca surah Al-Fatihah

Doa Sholat Tahajud 

Setelah dzikir selesai, lanjutkan dengan membaca doa sholat tahajud berikut ini: 

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhii wa man fiihinna. wa lakal khamdu anta malikus samaa waati wal ardhi waa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nurus samaawaatii wal ardhi wa man fiihinnaa, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liiqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuunaa haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.” 

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haulaa wa laa quwwata illaa billaah.” 

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada dan hidup pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya di langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (taubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah segala dosa-dosaku dimasa lalu dan yang kemudian serta segala apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari perbuatan kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali atas pertolongan Allah.” 

Keutamaan Sholat Tahajud 

Sholat tahajud menjadi ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, sebab ada beberapa keutamaan di dalamnya. Berikut ini keutamaan sholat tahajud: 

1. Mendekatkan diri dengan Allah SWT 

2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan 

3. Mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW 

4. Dijauhkan dari segala kemaksiatan 

5. Dikabulkannya doa dan keinginan 

6. Dimudahkan segala urusan 

7. Diberi rezeki yang melimpah 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Sumber : Suara.com

0 comments: