Fenomena Unik Dusun di Yogya: Matahari Telat Terbit dan Cepat Terbenam

Selasa, Maret 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Matahari telat muncul di Dusun Wotawati, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: CNN Indonesia/Silvia Galikano)

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena alam unik terjadi di Dusun Wotawati, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di wilayah ini Matahari disebut telat muncul dan terbenam lebih cepat.
Dusun Wotawati merupakan dusun yang masih sangat asri dan sunyi. Dusun yang terletak 74 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta ini diapit dua perbukitan besar yang menjulang tinggi.

Dukuh Wotawati, Robby Sugihastanto (27), menyebut keberadaan Dusun Wotawati yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, seakan tak masuk akal. Sebab, dusun ini berada di aliran Bengawan Solo purba dan lokasinya terbilang terpencil.


"Apalagi ini sebelah selatannya laut, sebelah timur dan utara sudah berbatasan dengan Wonogiri. Karena itu bisa dibilang Wotawati ini dusun yang terpencil, jauh dari yang lainnya," ucap Robby kepada detik.

Selain lokasinya yang aneh, Robby juga menyebut keanehan lain di dusun ini, yakni sinar Matahari di dusun ini baru ada pukul 08.00-08.30 WIB. Sedangkan Matahari mulai menghilang dan membuat desa gelap sejak pukul 16.30 WIB.

"Untuk pagi hari, sinar matahari di sini agak terlambat, ibaratnya di lain dusun pukul 06.30 WIB atau pukul 07.00 pagi sudah kena sinar matahari. Nah, kalau di sini belum, baru kena sinar matahari sekitar jam 08.00, 08.30 pagi. Itu kalau tidak mendung. Kalau sore, sekitar jam 16.30, sudah mulai gelap. Karena terhalang oleh gunung-gunung di samping dusun," tutur Robby.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: