Masyarakat Multikultural di Indonesia

Sabtu, Maret 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Masyrakat Multikultural adalah masyarakat yang terbagi dalam suatu kebudayaan yang beranekaragam. masyarakat umumnya memiliki adat istiadnya sendiri, namun masyarakat multikultural ini sebuah satu kesatuan yang membentuk struktur sosial.


Indonesia disebut seribu pulau, karena nya indonesia memiliki banyak faktor yang dapat menimbulkan masyarakat multikultural, antara lain:
Faktor-Faktor Timbulnya Masyarakat Multikultural di Indonesia
1. Faktor sejarah indonesia
Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama dalam hal rempah-rempah. Oleh karena itu, banyak negara-negara asing ingin menjajah seperti Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang.
2. Faktor pengaruh kebudayaan asing
Globalisasi merupakan proses penting dalam penyebaran budaya dalam masyarakat dunia terutama indonesia dengan sistem demokrasinya menjadi negara inivmerupakan negara yang terbuka. Dengan keterbukaan tersebut, masyarakat mudah menerima budaya yang datang dari luar meski sering terjadi benturan budaya asing dengan budaya lokal.
3. Faktor Geografis
Indonesia memiliki letak geografis yang strategis yaitu diantata dua benua dan dua samudra. Oleh karena itu, indonesia dijadikan sebagai jalur perdagangan internasional.
4. Faktor fisik dan geologi
Dilihat dari struktur geologi indonesia terletak diantara tiga lempeng yang berbeda yaitu Asia, Australia, dan Pasifik. Kondisi ini menjadikan indonesia menjadi negara berpulau-pulau dan memiliki beberapa tipe geologi seperti: tipe asiatis, tipe peralihan, dan tipe australis.
5. Faktor iklim berbeda
Selain memiliki berbagai pulai di indonesia yang mempengaruhi kebudayaan masyrakat, iklim juga sangat mempengaruhi kebudayaan di indonesia seperti: orang yang berada di daerah pegunungan dengan iklim sejuk membentuk kebudayaan masyrakat yang ramah. Orang yang berada di tepi pantai yang memiliki iklim panas membentuk kontrol emosi seseorang lebih cepat marah.
Nah, begitulah timbulnya masyarakat multikultural di indonesia.
Sumber : kumparan.com

0 comments: