Melihat Gurita Bisnis Mochtar Riady, Miliarder Pendiri Grup Lippo

Selasa, Maret 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Grup Lippo yaitu Mochtar Riady, adalah salah satu sosok inspiratif di Indonesia. Dari sebuah toko sepeda, saat ini perusahaannya telah menggurita di sektor properti, rumah sakit hingga pendidikan. 

Miliarder kelahiran Jawa Timur tersebut pertama terjun ke dunia bisnis dengan membuka toko sepeda pada usia 22 tahun. Di se4ktor finansial, ia membangun bank di masa krisis keuangan Asia 1997.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (15/3/2022) Mochtar Riady berada di urutan ke-23 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2021.  Sedangkan dalam daftar miliarder dunia 2021, ia berada di urutan 1.833.

Forbes mencatat bahwa, saat ini Mochtar Riady memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,8 miliar atau setara Rp 25,7 triliun (asumsi kurs Rp 14.400).

Dengan posisinya yang berada dalam daftar orang terkaya di Tanah Air, Mochtar Riady mengumpulkan kekayaannya dari bisnis di sejumlah sektor di bawah Lippo Group.

Dilansir dari situs resmi Lippo Group, berikut adalah sederet bisnis yang digeluti perusahaan tersebut

Properti

Lippo Group dikenal dengan salah satu bisnis terbesarnya, yaitu real estate. Lippo Karawaci, menjadi salah satu lokasi berjalannya bisnis real estate perusahaan tersebut.

Selain perumahan, adapun lebih dari 60 pusat perbelanjaan Lippo Malls, yang tersebar di 29 kota besar di seluruh Indonesia.

Perhotelan

Aryaduta Hotels menjadi grup hotel yang dijalankan Lippo Group.

Sebanyak 8 hotel tersebar di berbagai kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Medan, Pekanbaru, Manado, Makassar, dan Palembang.

Pendidikan

Selain perumahan dan perhotelan, Lippo Group juga aktif di sektor pendidikan melalui Yayasan Pelita Harapan yang terdiri dari 45 sekolah K-12 dan tiga universitas di Indonesia.

Retail

Lippo Grup juga mengelola sejumlah bisnis retail salah satunya adalah Matahari Department Store, Hypermarket, dan Books & Beyond. 

Kesehatan

Kemudian di sektor kesehatan, Lippo Group mengoperasikan lebih dari 20 rumah sakit di seluruh Indonesia, dengan total dokter umum dan spesialis berjumlah 1900 orang. 

Sumber : liputan6

0 comments: