Mengenal Asal Daerah Tari Indang yang Unik

Sabtu, Maret 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Tari Indang. (Foto: sasint by https://pixabay.com)
Tahukan kamu asal daerah tari indang? Dikutip dari buku Pembudayaan Literasi Seni di SD yang ditulis oleh Mansurdin (2020: 59), tari Indang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat yang menjadi 3 dari 10 kebudayaan yang terkenal dari daerah tersebut. Tari Indang ditarikan 7 orang pria, akan tetapi seiring berkembangnya zaman, tarian ini juga dilakukan oleh wanita.

Salah satu keunikan dari tari Indang adalah tarian ini diciptakan untuk menyebarkan dakwah Islam oleh Syekh Burhanudin. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai tari Indang yang berasal dari Minangkabau, Sumatra barat.

Mengenal Asal Daerah Tari Indang yang Unik

Tari Indang berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa tari ini awalnya diciptakan untuk menyebarkan agama Islam. Namun, saat ini hanya diadakan jika ada seminar budaya atau untuk hiburan saja. Makna yang ada di dalam tari Indang adalah untuk mengajarkan kerja sama dengan orang lain.
Lagu penggiring dari tarian ini berjudul Dindin Badindin yang memiliki arti untuk mengajak orang-orang saling bertegur sapa. Oleh karena itu, tari Indang juga sering disebut dengan tari Dindin Badinding, sebuah tarian tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Minang, Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.
Nama Indang berasal dari nama alat musik tepuk yang dimainkan pada tarian ini. Indang atau juga disebut Ripai, adalah sebuah instrumen yang dimainkan dengan cara ditepuk. Bentuknya seperti rebana tetapi berukuran lebih kecil. Tari Indang sendiri saat ini kerap kali mewakili Indonesia dalam pagelaran budaya internasional. Gerakan rancak dan dinamis yang muncul dari para penarinya membuat tari Indang banyak diminati masyarakat mancanegara.
Gerakan tari Indang akan tampak seperti gerakan tari Saman asal Aceh. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih seksama tari Indang cenderung lebih dinamis. Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari tarian asal ranah Minang ini, kamu harus memahami berbagai informasi seputar sejarah, perkembangan, dan unsur-unsur yang membentuknya.
Demikian penjelasan mengenai keunikan tari Indang Sumatra Barat untuk menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat! (CHL)

Sumber : kumparan.com

0 comments: