Menikmati Keindahan Ladang Bunga Matahari di Kota Batu

Senin, Maret 14, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BATU, KOMPAS.com - Menikmati liburan akhir pekan bisa berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur. Selain bisa merasakan hawa yang sejuk, wisatawan juga bisa berfoto-foto di tempat wisata alam. 

Salah satunya adalah Ladang Bunga Matahari yang berada di Dusun Mujung, Desa Pandanrejo. Tempat wisata ini baru buka lagi pada 8 Maret 2022 setiap harinya pukul 08.00 hingga 16.00. 

Pengunjung bisa datang selama Maret 2022. Perlu diketahui, wisatawan tidak bisa sewaktu-waktu datang karena bunga matahari punya masa mekar terbatas.

"Kebun bunga matahari ini ada siklus mekarnya, setahun hanya dua atau tiga kali saja. Sekali mekar bertahannya hanya tiga sampai empat minggu, belum lagi kalau musim hujan, bisa gagal mekar," kata pemilik usaha Ladang Bunga Matahari Nur Zelynda Avelina. 

Perempuan 25 tahun itu baru merintis usaha tersebut pada 2019. Ia memanfaatkan lahan milik orangtuanya seluas 2.500 meter persegi dengan 3.000 pohon. "Awalnya itu saya menanam untuk kebutuhan usaha paket bunga, tapi teman-teman saya malah tertarik untuk foto-foto. Terus saya jadikan peluang usaha wisata," katanya

Wisatawan hanya cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk bisa masuk ke Ladang Bunga Matahari. Kini fasilitas yang terbaru terdapat lima spot foto yang bisa dimanfaatkan dengan tema suku Indian dan asthetic. 

"Terus pengunjung bisa menyewa topi ala-ala pantai hanya Rp 5.000 saja, terus bisa sewa fotografer itu Rp 15.000 dengan durasi 15 menit dan enam foto," katanya. Kini ketika akhir pekan, setiap harinya tempat wisata sederhana itu bisa dikunjungi sekitar 40 orang. 

Namun ketika hari biasa hanya sekitar 20 orang. "Yang datang ada dari Jombang, Surabaya, Blitar dan Malang, biasanya kalau akhir mendekati penutupan lebih dari itu banyak yang datang, tapi belum kembali normal seperti sebelum pandemi," katanya.

Ke depan, dia berencana untuk mengembangkan usahanya dengan membuat semacam warung kopi. Sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan Ladang Bunga Matahari dengan santai. "Insyaallah kalau ada rejeki lagi, saya ingin secara berkala spot foto yang ada ganti-ganti temanya supaya orang tidak bosan dan ingin kesini terus," katanya.

Sumber : kompas

0 comments: