Pengadilan India Tegaskan Larangan Siswa Kenakan Hijab di Sekolah

Selasa, Maret 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Siswi Muslim memegang plakat selama protes di menentang larangan hijab di beberapa sekolah di Negara Bagian Karnataka, New Delhi, 8 Februari 2022. (Foto: Reuters)


NEW DELHI - Pengadilan India pada Selasa (15/3/2022) menguatkan larangan mengenakan jilbab di kelas di Negara Bagian Karnataka. Keputusan pengadilan ini bisa menjadi preseden yang berpengaruh besar bagi seluruh populasi Muslim di negara Asia Selatan itu.

Larangan yang mengenakan hijab yang diberlakukan di Karnataka bulan lalu memicu protes oleh beberapa siswa dan orang tua Muslim, dan protes tandingan oleh siswa Hindu. Perselisihan tersebut telah menimbulkan kritik bahwa umat Islam di negara itu semakin terpinggirkan.

"Kami berpendapat bahwa mengenakan jilbab oleh wanita Muslim tidak menjadi bagian dari praktik keagamaan yang penting," kata Ketua Hakim Ritu Raj Awasthi dari Pengadilan Tinggi Karnataka dalam putusannya sebagaimana dilansir Reuters.

Dia mengatakan pemerintah memiliki kekuatan untuk meresepkan pedoman yang seragam, menolak berbagai petisi yang menentang perintah tersebut.

Menjelang putusan, pihak berwenang Karnataka mengumumkan penutupan sekolah dan perguruan tinggi dan memberlakukan pembatasan pertemuan publik di beberapa bagian negara bagian untuk mencegah potensi masalah.


Bulan lalu, Menteri Dalam Negeri Federal Amit Shah mengatakan dia lebih suka siswa tetap mengenakan seragam sekolah daripada pakaian keagamaan apa pun.

Mahasiswa yang menentang larangan tersebut di pengadilan mengatakan mengenakan jilbab adalah hak dasar yang dijamin di bawah konstitusi India dan praktik penting Islam. Reuters tidak bisa segera menghubungi pihak-pihak yang penentang.

Larangan Karnataka telah menyebabkan protes di beberapa bagian lain negara itu juga dan menuai kritik dari Amerika Serikat (AS) dan Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Sumber : okezone.com

0 comments: