Tips Atur Uang untuk Belanja Perlengkapan Bayi

Selasa, Maret 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Tips Atur Uang untuk Belanja Perlengkapan Bayi. Foto: Shutterstock
Belanja perlengkapan bayi menjadi salah satu agenda penting selama kehamilan. Namun, mempersiapkan kebutuhan si kecil tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tak jarang, hal ini pun membuat beberapa ibu hamil bingung untuk mengatur keuangannya.
Tak perlu khawatir, sebab, selalu ada cara untuk mengatasi masalah keuangan keluarga. Kali ini kumparanMOM akan memberikan cara bagi ibu hamil agar bisa mengatus uang untuk belanja perlengkapan bayi.

Cara Atur Uang untuk Belanja Perlengkapan Bayi

Ilustrasi ibu hamil mendaftar perlengkapan bayi baru lahir. Foto: Shutter Stock
Tetapkan anggaran
Menetapkan anggaran pasti sebelum mulai membeli perlengkapan bayi sangatlah penting. Ini akan membantu pasangan suami istri memisahkan kebutuhan untuk belanja perlengkapan bayi, hingga biaya melahirkan yang jaraknya berdekatan. Mulailah dengan mencari tahu harga kebutuhan bayi melalui internet, kemudian putuskan jumlah anggaran tetap dan deposit untuk berjaga-jaga jika harga di pasaran naik sewaktu-waktu.
Buat daftar belanja
Setelah menentukan anggaran, buatlah daftar belanja dimulai dari kebutuhan primer kemudian baru kebutuhan sekunder. Kebutuhan primer misalnya pakaian, gendongan newborn, bedong, alat makan, alat mandi, popok, hingga pompa ASI. Sementara kebutuhan sekunder seperti stroller, serta gendongan untuk bayi yang lebih besar. Lalu, mulailah belanja dengan memilih produk yang harganya cukup murah atau sesuai anggaran, namun kualitasnya dikenal baik.
Buat jadwal belanja
Jangan belanja daftar perlengkapan bayi di satu waktu. Ini akan membuat pengeluaran terasa sangat besar. Aturlah waktu beberapa kali belanja dalam sembilan bulan kehamilan. Cobalah untuk mencari informasi di internet tentang info diskon atau berbagai tanggal cantik, karena banyak toko memberikan harga spesial di tanggal tertentu.
Catat setiap pengeluaran
Meski punya anggaran tetap, jangan lupa untuk tetap mencatat setiap pengeluaran setelah berbelanja. Ini berguna untuk mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan melebihi limit atau tidak, melihat sisa anggaran, hingga kemungkinan deposit yang belum terpakai. Jika anggaran ternyata masih punya sisa lebih banyak, maka bisa digunakan untuk membeli kebutuhan bayi yang belum masuk ke daftar.
Manfaatkan voucher belanja
Belanja online menjadi pilihan banyak orang di zaman sekarang. Alasannya sederhana saja, yaitu karena lebih banyak diskon dan voucher belanja yang ditawarkan. Ya Moms, beberapa ecommerce biasanya menawarkan potongan dan voucher dengan minimal pembelian tertentu. Nah, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk lebih menghemat anggaran.


Sumber : kumparan.com

0 comments: