Tips Bersihkan Talenan Kayu dari Noda dan Bau yang Menempel

Selasa, Maret 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Talenan kayu jadi alat dapur andalan banyak orang. Sayangnya membersihkan talenan kayu butuh trik agar noda dan bau yang menempel bisa hilang sempurna.

Talenan diperlukan untuk memudahkan pekerjaan memotong bahan makanan. Jenis yang banyak dipakai adalah talenan kayu. Sifatnya yang alami membuat talenan ini disukai.

Namun untuk membersihkan dan merawat talenan kayu butuh trik. Mulai dari mencuci hingga menyiasati agar noda-noda dan bau bahan makanan yang menempel bisa tersingkirkan.

Kepada Insider (25/2/2022), chef Benjamin Perez merekomendasikan agar talenan kayu dicuci dengan teknik tepat. Hal ini lantaran kayu sensitif terhadap air.

Pertama, hindari merendam talenan kayu dalam air. Praktik ini dikhawatirkan bisa membuat permukaan talenan kayu rusak dan akhirnya menjadi sarang pertumbuhan bakteri.

Kamu bisa menggunakan sabun plus air hangat untuk mencuci talenan kayu. Gunakan spons agak kasar, namun jangan tajam, untuk membersihkan permukaan talenan kayu.
Mencuci talenan sebaiknya dengan air hangat dan sabun. Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit

Kemudian keringkan talenan kayu sampai benar-benar kering sempurna sebelum disimpan. Pastikan menyimpannya di tempat yang kering dan bersuhu ruang. Jangan menaruhnya di dekat area panas atau yang memiliki udara hangat.

Kalau talenan kayu hanya dipakai untuk pekerjaan ringan seperti memotong roti, kamu bisa membersihkannya dengan lap dapur basah saja. Bersihkan menyeluruh permukaan talenan kayu sampai tidak ada bahan makanan yang menempel.


Tips lain untuk memperpanjang masa simpan talenan kayu adalah dengan menggunakan area lain untuk memotong. Jangan hanya terpaku di area tengah saja.

Lalu bagaimana cara menghilangkan noda dan bau pada talenan kayu? Perez merekomendasikan penggunaan cuka putih. Campurkan cuka putih dengan larutan air hangat plus sabun dengan komposisi 1:4.



Sumber : kompas.com

0 comments: