Tips Mengurangi Efek Samping dari Vaksin Booster

Kamis, Maret 31, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Gambar animasi pelaksanaan vaksinasi oleh perawat kepada pasien (canva.com)

Pemerintah sedang menggalakkan masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksin ketiga atau yang biasa kita dengar dengan sebutan vaksin booster. Beberapa orang merasakan efek samping dari vaksin booster yang juga kerap dirasakan saat melakukan vaksin pertama dan kedua.

Vaksin merupakan salah satu upaya yang dapat mengatasi virus Corona dengan membuat sistem kekebalan tubuh atau herd immunity. Jumlah masyarakat yang sudah melakukan vaksin booster sebanyak 7 juta jiwa hingga bulan Februari kemarin. Pemerintah masih mencoba upaya lebih keras untuk mengajak masyarakat melakukan vaksin booster agar kita dapat segera memutus rantai penyebaran Covid-19 ini.
Pemerintah membuat peraturan untuk memperbolehkan masyarakat mudik lebaran tahun 2022 yaitu dengan syarat sudah melakukan vaksin pertama dan vaksin kedua, ditambah dengan vaksin booster. Tidak jauh beda dengan vaksin pertama dan kedua, booster juga memiliki efek samping terhadap beberapa orang. Efek samping itu diantaranya demam, sakit kepala, nyeri pada bagian yang telah disuntikkan, yang tentunya dapat menghambat aktivitas keseharian kita.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek samping setelah vaksin booster yaitu:
  1. Kompres area bekas suntikan dengan air dingin lalu pijat memutar secara perlahan, cara ini dapat mengurangi bengkak serta membuat nyeri bekas disuntik terasa berkurang.
  2. Istirahat yang cukup minimal 6, setelah melakukan vaksin biasanya sebagian orang merasa lemas dan tubuh terasa butuh waktu istirahat yang lebih.
  3. Biasakan tangan bekas disuntik untuk bergerak, karena jika tangan kita dibiarkan kaku tidak melakukan aktivitas apapun, maka bekas suntikan akan terasa lebih sakit.
  4. Banyak minum air putih, agar tubuh tetap terhidrasi dan tidak lemas.
  5. Menggunakan baju dengan bahan yang nyaman untuk bergerak, setelah mendapat vaksin booster tangan kita tentunya terasa sakit dan sulit untuk digerakkan, maka dari itu gunakan baju dengan bahan yang nyaman dan memudahkan tangan kita untuk tetap bergerak.
  6. Tidur menghadap sisi lain dan tidak menekan area bekas suntikan, agar tidur terasa lebih nyaman dan area bekas suntik tidak sakit.
  7. Minum paracetamol, jika tubuh sudah dirasa demam dan area bekas suntik sangat nyeri.
Efek samping vaksin booster tentunya berbeda-beda di setiap tubuh masing-masing orang, serta sesuai dengan jenis vaksin yang diberikan. Namun, cara-cara di atas tetap dapat kamu lakukan untuk mengurangi efek samping setelah vaksin booster.


Sumber : kumparan.com

0 comments: