Tips Tingkatkan Peluang Kehamilan yang Bisa Dicoba Suami Istri

Sabtu, Maret 12, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan pasangan suami istri dalam merencanakan kehamilan. Mulai dari pemeriksaan riwayat kesehatan, hingga konsultasi ke dokter kandungan.

Namun selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pasangan suami istri untuk meningkatkan peluang kehamilan. Oleh sebab itu, agar program hamil berjalan lancar, yuk, pertimbangkan untuk lakukan beberapa hal ini, Moms.

7 Cara untuk Tingkatkan Peluang Kehamilan


1. Tingkatkan kualitas sperma
Dokter kandungan di New Delhi, Dr. Asmita Kaundal, MD, OB/GYN, menjelaskan di laman Mom Junction, kualitas dan kuantitas sperma yang baik penting untuk meningkatkan keberhasilan pembuahan.
Oleh karena itu, tak perlu ragu untuk mengajak suami melakukan pemeriksaan sperma sebelum menjalani program hamil. Jangan lupa juga untuk menambahkan asupan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma seperti folat, seng, vitamin C dan E.
2. Lakukan pola hidup sehat
Tingkatkan peluang kehamilan dengan mulai melakukan pola hidup sehat seperti memperhatikan asupan makanan dan berolahraga. Tinggalkan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kehamilan seperti merokok, minum alkohol, obat-obatan, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji.
3. Berhubungan seks secara teratur
Berhubungan seks secara teratur dengan memperhatikan masa subur akan membantu meningkatkan peluang kehamilan Anda, Moms. Jadi, cobalah untuk berhubungan seks 2-3 hari sebelum masa subur dan kemudian setiap 36 jam selama masa subur. Jangan lupa perhatikan jeda waktu untuk memberikan sperma lebih banyak waktu untuk beregenerasi.
4. Pertahankan berat badan
Berat badan wanita berperan penting dalam proses pembuahan. Kelebihan atau kekurangan berat badan menyebabkan perubahan hormonal di dalam tubuh, yang dapat menghambat peluang untuk hamil. Menjalani diet sehat dan olahraga agar fisik tetap bugar akan membantu Anda mempertahankan berat badan ideal, Moms.
5. Hindari stres
Mengutip laman Cleveland Clinic, stres dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang kemudian mempengaruhi kesuburan baik pada pria maupun wanita. Sehingga, mengurangi stres dapat meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan. Cobalah untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, latihan pernapasan dan yoga.

6. Tidur cukup
Kualitas tidur yang baik diperlukan tubuh untuk mempertahankan metabolisme yang tepat dan produksi hormon, termasuk hormon kehamilan. Jadi, pastikan untuk mencukupi kebutuhan tidur setidaknya selama 7-8 jam per harinya.
7. Kurangi asupan kafein
Asupan kafein yang berlebihan dapat menghambat kesuburan dan memperpanjang konseps. Kelebihan kafein juga menimbulkan risiko keguguran yang tinggi. Cobalah untuk membatasi konsumsi kafein dengan hanya mengonsumsi kopi atau teh satu cangkir per harinya.

Sumber : kumparan.com

0 comments: