3 Desa Wisata di Buleleng Siap Sambut Delegasi KTT G20, Apa Saja?

Kamis, April 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 04 27 408 2585851 3-desa-wisata-di-buleleng-siap-sambut-delegasi-ktt-g20-apa-saja-74k1r4r3IO.JPG

PEMERINTAH Kabupaten Buleleng, Bali, menyiapkan tiga desa wisata untuk menjadi objek kunjungan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Dewata pada 15-16 November 2022.

Adapun tiga desa wisata tersebut yakni Desa Sudaji di wilayah Kecamatan Sawan, Desa Munduk di wilayah Kecamatan Banjar, dan Desa Sambangan di wilayah Kecamatan Sukasada.

Desa Wisata Munduk sebelumnya memang sudah dikenal sebagai objek wisata sejak zaman penjajahan Belanda dulu.

Desa Munduk memiliki pemandangan yang sangat menawan. Daerah ini didominasi daerah pertanian dengan tanaman cengkeh, kopi, vanila, coklat dan tanaman palawija. Lembah-lembah yang menghijau dihiasi beberapa air terjun.

Sementara itu, Desa Wisata Sudaji dan Sambangan tergolong desa wisata yang baru dirintis. Sudaji dikenal masih memiliki lahan pertanian yang luas dengan sistem subak yang masih bertahan hingga kini.


Selain itu, desa ini memiliki homestay yang mampu menjadi tempat menginap yang layak bagi wisatawan yang berkunjung. Selain juga sudah desa ini memiliki lokasi camping ground dan atraksi wisata alam lainnya.

Lain lagi dengan Desa Wisata Sambangan yang dikenal dengan eksotisme Air Terjun Aling-Aling yang eksotis. Juga, desa ini memiliki hamparan sawah yang indah dan menawan mata.

Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng mendaku/klaim ketiga desa wisata yakni Desa Munduk, Sambangan dan Sudaji, merupakan objek desa wisata unggulan di wilayah tersebut.

Dari 11 nama desa wisata yang dibahas dan diusulkan oleh Forum Desa Wisata Provinsi Bali kepada penyelenggara G20 dan Bank Indonesia, yakni desa wisata Munduk, Sudaji dan juga Sambangan. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, menyatakan pihaknya saat ini masih menunggu konfirmasi dan persetujuan dari penyelenggara G20 terkait kepastian apakah tiga desa wisata tersebut menjadi kunjungan para delegasi G20.

"Kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari apa yang telah diupayakan oleh Forum Komunikasi Desa Wisata Provinsi Bali dan Bank Indonesia," tambahnya di Singaraja, Buleleng.

Pihaknya menilai jika tiga desa wisata di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut jadi dikunjungi. Tentu akan menjadi ajang promosi luar biasa bagi pariwisata di daerah itu.

Terlebih, rentetan dari program G20 di Bali dari tingkat menteri-menteri dunia sampai pertemuan level tingkat tinggi diharapkan mempromosikan Buleleng di negara asal mereka (delegasi G20).

"G20 adalah negara-negara maju dengan pemasukan per kapita tinggi, sehingga masyarakatnya sebagian besar sebagai kebutuhan pokok, sehingga harapan kami akan mampu memberi multi efek untuk kunjungan wisatawan ke Buleleng dari negara-negara tersebut," kata Dody.



Sumber : OKEZONE

0 comments: