4 Tips Menu Sahur untuk Orang dengan Long Covid yang Ingin Berpuasa

Sabtu, April 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

LONG Covid tak jarang dialami oleh banyak penyintas infeksi Covid-19. Ya, walau sudah sembuh dan dinyatakan negatif, nyatanya kondisi kesehatan tubuh tidak seprima dan sama seperti dulu sebelum terinfeksi.

Gejala Long-Covid yang kerap ditemui pada banyak penyintas adalah kelelahan, brain fog, nyeri otot atau linu-linu, hingga sakit kepala. Ada pula pada beberapa kasus orang yang mengalami diare atau berkurangnya kemampuan indera penciuman dan perasa.

Nah, bagi Anda yang mengalami Long-Covid dan kebetulan juga berpuasa di bulan Ramadan ini. Sebaiknya memperhatikan asupan makanan, termasuk saat santap sahur agar kondisi kesehatan tubuh tidak menurun karena gejala Long-Covid yang dialami. Merangkum Healthspan dan NDTV, Kamis (7/4/2022) yuk simak tips menu sahur untuk orang yang mengalami Long-Covid.

1. Pilih sumber karbohidrat

Batasi porsi makan dengan hanya porsi kecil dan hindari makan makanan manis dan makanan yang terlalu bertepung yang bisa memicu penurunan energi hanya beberapa jam setelah makan. Pilih sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah seperti kacang-kacangan, lentil, sereal gandum, pasta gandum dan beras merah, ditambah buah dan sayuran.

2. Minum air cukup

Minum Air Putih

Pastikan cukup minum air, dibagi saat dari sahur, berbuka, saat mau tidur, sampai ketika bangun tidur hendak sahur. Cukup cairan dalam tubuh menghindari terjadinya dehidrasi yang bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Konsumsi ikan

Pentingnya mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan selama satu pekan. Ikan mengandung lemak omega 3, yang penting untuk kesehatan otak dan melawan gejala brain fog yang termasuk Long-Covid. Bagi yang tidak suka makan ikan, bisa konsumsi suplemen omega 3.


4. Protein sehat

Asupan protein cukup untuk tubuh penting bagi penderita Long-Covid untuk melawan nyeri otot atau linu-linu pada tubuh akibat massa protein otot yang hilang. Caranya, masukkan telur atau ayam sebagai menu sahur. Pilih kudapan kombinasi protein dan karbohidrat seperti buah-buahan kering dan kacang, keju dengan buah-buahan. Setelah itu, bisa juga minum susu, yang merupakan sumber protein baik berkualitas.


Sumber : okezone.com

0 comments: