5 Bisnis Kuliner Artis Hingga Eks Pembalap F1 Ada Di Solo, Pernah Coba?

Selasa, April 26, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Solopos.com, SOLO — Artis, atlet, hingga selebgram belakangan ini banyak yang merambah ke bisnis kuliner. Usaha mereka tidak hanya berpusat di Jakarta maupun kota-kota besar namun juga merambah ke daerah-daerah.

Kota Solo menjadi salah satu sasaran para seleb itu untuk membuka usaha kuliner mereka. Berdasarkan pengamatan Solopos.com, ada sedikitnya lima bisnis kuliner milik artis, selebgram, dan mantan pembalap Formula 1 (F1) di Solo.

PromosiBerawal dari Lautan Minyak, Gaylord Nelson Berjuang Lahirkan Hari Bumi

1. Menantea
Kedai teh kekinian milik content creator, Jerome Polin Sijabat, ini wajib dicoba untuk penikmat teh segar yang cocok untuk suasana terik Kota Solo. Berawal dari meracik minuman teh bersama temannya untuk sebatas konten, kini ide tersebut dikembangkan menjadi bisnis franchise.

Menunya terdiri dari teh dengan tambahan rasa buah, seperti leci, sitrus, peach dan karamel yang mulai dibanderol dengan harga Rp18.000. Selain itu menu racikan istimewa dengan tambahan susu harganya bervariasi mulai dari Rp20.000 hingga Rp28.000.

Di samping minuman, kedai ini menyediakan makanan ringan, seperti potato and chicken dibanderol dengan Rp25.000 serta beberapa pilihan saus pedas, manis, dan keju. Ada tiga gerai Menantea di Solo yakni Jl Gatot Subroto No.147, Jayengan, Serengan yang buka pukul 10.30 WIB sampai 21.30 WIB.

Kemudian gerai di Jl Letjen Sutoyo Ruko No 7, buka pukul 10.00 WIB-21.00 WIB dan gerai di Solo Paragon Mall lantai III Jl Yosodipuro No 133, Mangkubumen, Banjarsari. Gerai di mal ini buka pukul 10.00 WIB-22.00 WIB.

Salah satu pengunjung, Debi, 23, mengakui racikan teh kekinian itu rasanya unik dan beda dibanding yang lain.

“Waktu dulu pertama coba yang rasa leci enak, beda dari kebanyakan, akhirnya penasaran dengan rasa yang lain juga. Untuk harga juga sesuai kualitas ya,” ungkapnya saat berbincang dengan Solopos.com, 

Selain di gerai, calon pembeli dapat pesan secara online di Go Food, Grab Food, Shopee Food, dan Traveloka Eats.

2. Ngikan

Sesuai namanya, restoran cepat saji milik Selebgram Rachel Vennya ini menyajikan menu ikan nila yang digoreng krispi dengan perpaduan saus khas nusantara.

Satu paket Ngikan berisi nasi liwet, fillet ikan goreng tepung, dan bumbu yang dibungkus menggunakan plastik kecil. Isian tersebut kemudian dikemas dalam kotak kertas.

Terdapat pilihan bumbu mulai dari sambal matah, acar kuning, oseng mercon, dan sambal woku. Per paket dibanderol mulai dari Rp30.000. Pembeli juga bisa membeli satuan, tanpa lauk mulai dari Rp27.000.

Bahkan pembeli bisa tambah bumbu dengan harga mulai dari Rp7.000 hingga Rp8.000 per plastik kecil. Pembeli asal Kartasura, Heni, mengatakan baru pertama mencoba hidangan warung makan milik Rachel Vennya itu.

“Baru pertama coba juga, jadi belum tahu juga rasanya, awalnya scroll-scroll di Go Food dan kelihatannya enak. Akhirnya langsung beli saja ke outletnya kebetulan juga dekat,” ucapnya saat ditemui di outlet Jl Garuda Mas, UMS

Outlet Ngikan dapat dijumpai di dua lokasi yakni Jl RM Said No 150, Punggawan, Banjarsari, dan Jl Garuda Mas sekitar kampus UMS. Selain di outlet, pembeli dapat memesan lewat GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

3. Solo Pluffy

Penggemar kue bolu, wajib mencoba kue kekinian milik Jessica Mila ini. Solo Pluffy punya tujuh varian rasa kue, yakni green tea, keju, choco crunchy, double choco, blueberry, dan original. Kue ini punya tekstur lembut saat digigit.

Harga bolu ini bervariasi antara Rp50.000 hingga Rp65.000. Gerai Solo Pluffy berlokasi di Jl Ronggowarsito No 145 Solo dan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Khusus Jumat sampai Minggu tutup pukul 22.00 WIB.

Tersedia juga layanan Gofood, Grabfood, Shopeefood, dan Tokopedia. Salah seorang karyawan, Sinta, mengatakan mayoritas pembeli berasal dari online.

“Kalau yang dateng langsung ke sini hanya dua sampai tiga orang. Kebanyakan mereka memesan via online seperti Grab Food, Go Food, dan semacamnya,” katanya saat ditemui Solopos.com di gerai Solo Pluffy Jl Ronggowarsito

4. Grandis Barn

Setelah tidak lagi menjadi pembalap Formula 1, Rio Haryanto merintis usaha kuliner pada 2019 dengan konsep hidangan nusantara dan western. Pada bagian luar, ada spot ikonik yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto dengan tulisan Grandis Barn.

Saat masuk, pengunjung akan disuguhkan dengan desain yang didominasi kaca bak restoran Eropa. Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com dari menu di akun Instagram resmi @grandisbarn, pilihan minuman bervariasi.

Ada aneka kopi, jus, dan teh dengan kisaran harga mulai dari Rp18.000 hingga Rp32.000. Hidangan utama ada salad, sandiwch, pasta dengan harga mulai dari Rp32.000, dan juga nasi campur, nasi goreng kampung, ayam geprek mulai dari Rp40.000.

Untuk hidangan protein seperti daging sapi, ayam, dan ikan juga tersedia mulai dari steak, rawon, iga sapi, ikan salmon dengan dibanderol mulai dari Rp36.000 hingga Rp128.000

Tak lupa pula hidangan penutup seperti es krim hingga kue mulai dari Rp10.000. Grandis Barn buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Lokasinya berada di Jl Adi Sucipto, Blukukan Dua, Blulukan, Colomadu, Karanganyar. Pembeli juga dapat memesan lewat Grabfood maupun Gofood.

5. Teakyard

Selain Resto Grandis Barn, Rio Haryanto juga membuka resto dengan konsep Mediterania yang berada di satu kawasan dengan Grandis Barn. Konsep bangunan di Teakyard didominasi kayu yang menambah sentuhan klasik dan cocok menjadi background foto yang cantik dan simpel.

Menu yang disajikan lebih banyak menu Timur Tengah dan western, seperti Beef Kebab, Chicken Mushroom Friccassee mulai dari Rp65.000 hingga Rp125.000 per porsinya.

Di deretan minuman tersedia berbagai kopi, jus buah, hingga jamu mulai dari Rp15.000. Sama dengan Grandis Barn, pembeli dapat mengunjungi resto ini mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sumber :solopos

0 comments: