5 Cara Mengatasi Mual saat Mudik, Perjalanan Jadi Lebih Asyik

Jumat, April 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Perjalanan mudik membuat seseorang berisiko mengalami mual. Ada beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa diikuti.(iStockphoto/AndreyPopov)

Perjalanan mudik membuat seseorang berisiko mengalami mual. Jika sudah begitu, mudik jadi tak nyaman. Berikut cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa diikuti.
Dalam medis, kondisi mual saat dalam perjalanan itu dikenal dengan istilah motion sickness. Kondisi ini disebabkan oleh gerakan berulang dari kendaraan yang mengganggu telinga bagian dalam.


Ada beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa Anda ikuti. Cara ini dapat membantu meringankan gejala.

Gejala mabuk perjalanan ini muncul saat sistem saraf pusat menerima pesan yang bertentangan dengan sistem sensorik: telinga bagian dalam, mata, reseptor tekanan kulit, dan reseptor sensorik otot serta sendi.

Sebagai contoh, jika seseorang duduk di dalam mobil dengan tidak melihat ke luar jendela, maka telinga bagian dalam mereka akan merasakan gerakan berulang, tapi mata melihat pandangan yang statis. Konflik antara kedua kondisi tersebut berkontribusi memicu mabuk perjalanan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan


Meski umumnya bisa pulih dengan sendirinya, namun mabuk perjalanan memicu gejala-gejala yang mengganggu. Deretan gejala itu membuat perjalanan mudik jadi tak menyenangkan.

Berikut beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan, mengutip Medical News Today.

1. Melihat ke jalan atau ke luar jendela
Salah satu cara umum adalah dengan melihat ke luar jendela atau menatap jalanan yang ada di depan. Cara ini membantu menyeimbangkan antara yang dirasakan telinga dan mata.

2. Tidur
Pusing dan mual bisa mereda saat Anda menutup mata atau tertidur. Sama seperti cara pertama, tidur dapat menyelesaikan konflik pengalaman mata dan telinga.

3. Mengunyah
Mengunyah menjadi salah satu cara mengatasi mual saat dalam perjalanan. Anda bisa mengunyah permen karet kesukaan.

Selain permen karet, Anda juga bisa mengunyah camilan lainnya.

4. Menghirup udara segar
Udara segar dan sejuk dapat sedikit meredakan mabuk perjalanan. Namun, biasanya cara ini ampuh bagi orang yang mengalami mual akibat bau tak sedap yang ada di dalam kendaraan.

Meski begitu, cara ini tetap patut dicoba. Jika Anda berkendara dengan mobil pribadi, bukalah kaca jendela dan hirup udara segar dari luar.

5. Konsumsi jahe
Jahe telah ditemukan ampuh mengatasi mabuk perjalanan. Anda bisa mencoba jahe dalam bentuk apa pun, mulai dari minuman hingga permen.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan
Daripada membiarkan rasa mual membuat perjalanan jadi tidak asyik, akan lebih baik jika Anda mencoba mencegahnya sejak awal.

Berikut beberapa cara mencegah mabuk perjalanan.

1. Selalu duduk dalam posisi tegak hingga mata dapat melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan telinga bagian dalam.
2. Cobalah untuk duduk di kursi depan dan melihat pemandangan dari kejauhan.
3. Jika di atas kapal, naiklah ke geladak dan nikmati pemandangan laut lepas.
4. Jika di pesawat, maka duduklah di dekat jendela dan lihat ke luar.
5. Jangan membaca saat bepergian, baik buku maupun tulisan dalam gawai.
6. Hindari bau menyengat.
7. Hindari makanan pedas dan berminyak sebelum memulai perjalanan.

Demikian cara mengatasi mabuk perjalanan dan tips mencegahnya. Selamat menikmati mudik!


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: