5 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Sukses Membuka Bisnis dan Jadi Kaya Raya, Nomor 1 Jagoan Bhayangkara FC

Jumat, April 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


SEPAKBOLA adalah olahraga yang bisa mengubah hidup seseorang. Banyak pesepakbola yang kehidupannya jadi lebih baik usai berprestasi di lapangan hijau.

Saat ekonomi membaik, seorang pesepakbola juga mesti mampu mengolah keuangannya. Jika tidak, mereka mungkin kembali ke kehidupan lamanya pada usia senja.

Beberapa mantan pemain Timnas Indonesia mampu mengolah keuangannya dengan membuka bisnis. Berikut lima mantan pemain Timnas Indonesia yang suskes membuka bisnis:

Eka Ramdani

Eka Ramdani (Foto: Koran SI)

Eka Ramdani pernah jadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia. Pada masa puncaknya, Eka dikenal sebagai kapten Persib Bandung.

Setelah pensiun dari dunia sepakbola pada 2019, kehidupan Eka tidak berubah. Pada 2020, dia diketahui menjalankan bisnis kuliner.

 Tony Sucipto

Tony Sucipto (Foto: Media Persija Jakarta)

Selanjutnya ada pemain veteran Persija Jakarta, Tony Sucipto. Selain mengais rezeki dari lapangan sepakbola, Tony juga memiliki usaha kuliner yang dijalankan bersama rekan bisnisnya.

Tantangan besar dihadapi usaha kuliner Tony saat pandemi covid-19 melanda Indonesia pada 2020 silam. Akan tetapi, saat itu, usaha kuliner Tony diketahui masih dapat berjalan.

 Hariono

Hariono (Foto: Bali United)

Posisi ketiga ditempati oleh Hariono. Gelandang veteran Bali United itu diketahui juga pernah terjun ke dunia bisnis pada 2015 silam. Hariono merintis bisnis kaus pada saat itu. Bisnis kaus Hariono diberi label H24.

2. Amarzukih

Amarzukih (Foto: Istimewa)

Posisi kedua dimiliki oleh mantan pemain Persija Jakarta, Amarzukih. Dia diketahui terjun ke bisnis yang digeluti ayahnya, yaitu jual-beli tanah. Bisnis ini ditekuni Amarzukih pada 2015 silam.

Andik Vermansyah

Andik Vermansyah (Foto: PSSI)

Posisi pertama ditempati oleh bintang Bhayangkara FC, Andik Vermansyah. Pesepakbola satu ini juga melebarkan sayapnya ke dunia bisnis dengan membuka lapangan futsal.

Usaha itu telah digeluti Andik sejak 2012 silam. Andik tahu, bahwa karier sepakbolanya tidak abadi sehingga mulai mempersiapkan diri untuk masa pensiunnya.

Sumber :okezone

0 comments: