5 Sirkuit MotoGP yang Sebabkan Pembalap Meninggal Dunia, Nomor 1 Sudah Lama Tak Jadi Tuan Rumah MotoGP

Kamis, April 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Para pembalap MotoGP. (Foto: MotoGP)


sirkuit MotoGP yang sebabkan pembalap meninggal dunia menarik dibahas. Sebab, karaketristk sirkuit-sirkuit ini memberi tantangan lebih kepada para pembalap.

Ya, ajang balap MotoGP telah diselenggarakan di banyak negara. Penyelenggaraan balapan di sirkuit beberapa negara pun menyisakan cerita pilu karena menelan korban jiwa saat pembalap bersaing sengit.

Lalu, di mana saja sirkuit itu? Berikut 5 sirkuit MotoGP yang sebabkan pembalap meninggal dunia, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

5. Sirkuit Monza

Salah satu sirkuit MotoGP yang sebabkan pembalap meninggal dunia adalah Sirkuit Monza. Sirkuit yang terletak di Monza, Italia ini pernah menggelar balapan MotoGP dalam beberapa rentang waktu yang dimulai pada 1949. Namun, kejuaraan di sana terhenti sejak 1987.

Di Sirkuit Monza, tercatat ada 4 pembalap di ajang ini yang meninggal dunia. Mereka adalah Jarno Saarinen, Adolfo Covi, Renzo Pasolini, dan Rupert Hollaus. Kepergian mereka tentunya memberi duka mendalam bagi ajang ini karena beberapa pembalap sendiri berstatus juara dunia.

4. Sirkuit Silverstone

Sirkuit Silverstone

Lalu, ada Sirkuit Silverstone yang terletak di Inggris. Sirkuit dengan panjang 5.900 kilometer ini sudah menggelar ajang balap MotoGP sejak 1977. Sempat terhenti pada 1986, Sirkuit Silverstone kembali menggelar balapan MotoGP sampai saat ini.

Sirkuit ini pun tampaknya memberi tantangan berat bagi para pembalap sehingga kala bersaing di sana, korban jiwa kerap berjatuhan. Total, ada 4 pembalap MotoGP yang meninggal saat balapan di sana usai mengalami kecelakaan parah. Mereka adalah Norman Brown, Peter Huber, Patrick Pons, dan Marlcolm White.

3. Sirkuit Isle Man TT Mountain Course

Di urutan ketiga, ada Sirkuit Isle Man TT Mountain Course. Sirkuit ini terletak di Douglas, Isle of Man. Sirkuit dengan panjang 60.718 kilometer ini menggelar balapan MotoGP sejak 1949.

Namun, banyak korban jiwa yang berjatuhan sejak ajang balap MotoGP digelar di sana. Nama Tom Phillips jadi salah satu pembalap yang meninggal dunia kala menjalani balapan di sana. Akhirnya, pada 1976, seri ini ditiadakan oleh pihak MotoGP.

2. Sirkuit Spa-Francorchamps

Sirkuit Spa-Francorchamps

Kemudian, ada Sirkuit Spa-Francorchamps. Sirkuit ini terletak di Stavelot, Belgia. Sirkuit yang langganan menggelar balapan Formula One (F1) ini pernah menghelat balapan MotoGP juga dalam beberapa rentang waktu.

Pertama kali balapan digelar di sana adalah pada 1949. Namun, sejak 1990, balapan MotoGP di Sirkuit Spa-Francorchamps tak lagi digelar. Selama penyelenggaraan balapan di sana, ada 10 pembalap MotoGP yang meninggal dunia, di antaranya adalah Kevin Wrettom pada 1984.

1. Sirkuit Assen

Sirkuit Assen

Terakhir ada Sirkuit Assen. Sirkuit yang terletak di Assen, Belanda, ini masih menjadi langganan MotoGP untuk menyelenggarakan balapan. Sirkuit Assen sendiri sudah menghelat balapan MotoGP sejak 1949.

Sejak diselenggarakan di sana, ada 7 pembalap MotoGP yang meninggal dunia. Nama terakhir yang meninggal di sana adalah Rolf Thiele usai mengalami kecelakaan pada 1975.


Sumber : okezone.com

0 comments: