5 Tips Agar Bangun Sahur Tidak Bikin Uring-Uringan

Senin, April 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Bangun sahur mungkin menjadi salah satu pekerjaan berat bagi yang tak terbiasa melek di waktu dini hari. Berikut bangun sahur tanpa merasa uring-uringan. (iStockphoto/Tero Vesalainen)

Bangun sahur mungkin menjadi salah satu pekerjaan berat bagi yang tak terbiasa melek di waktu dini hari. Tak heran rutinitas selama Ramadan ini membuat sejumlah orang kemudian merasa uring-uringan.
Lalu, bagaimana cara agar bangun sahur tanpa merasa uring-uringan?


Dini hari menjelang subuh memang bisa dibilang menjadi waktu ternyenyak untuk tidur. Meski demikian, Anda tidak bisa melewatkan makan sahur karena itu termasuk ibadah dan penting untuk menjaga stamina dan kesehatan selama berpuasa.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar bangun sahur tidak membuat Anda uring-uringan dan lebih bersemangat.

1. Nyalakan musik
Jika Anda kesulitan bangun dari tempat tidur saat sahur, cobalah memutar beberapa lagu dengan tempo musik yang agak cepat. Sebagaimana dilansir Healthline, sambil mendengarkan lagu, Anda bisa melakukan sedikit peregangan, sebelum kemudian berangkat ke dapur untuk menyiapkan makanan dan makan.

2. Menyalakan lampu
Jika kamar atau ruangan terlalu gelap, rasa kantuk sulit hilang. Untuk itu, menyalakan lampu bisa membantu Anda merasa lebih waspada.

3. Simpan alarm jauh dari tempat tidur
Memiliki jam alarm di samping tempat tidur akan memudahkan Anda menekan tombol snooze dan lanjut tidur. Demi menyiasati kondisi ini, menurut Huffpost, coba tempatkan alarm lebih jauh yang membuat Anda tergerak bangun dari tempat tidur untuk mematikannya.

4. Minum air lebih banyak sebelum tidur
Minum air putih sebelum tidur membuat Anda ingin buang air kecil beberapa jam kemudian. Kebutuhan untuk menggunakan kamar mandi pun membuat Anda ingin bangun dan mencegah tertidur kembali.

5. Makan
Cobalah sahur dengan porsi kecil meskipun Anda tidak merasa lapar. Menurut laporan WebMD, makan bisa membantu menjaga jam tubuh Anda tetap pada jalurnya.

Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: