5 Tips Makan saat Sahur Agar tidak Dehidrasi Selama Puasa

Kamis, April 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Mengalami dehidrasi merupakan salah satu kendala yang kerap dialami banyak orang. Karenanya konsumsilah beberapa makanan ini ketika sahur.

Wajar jika tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Yang harus kita lakukan sebagai bentuk antisipasi adalah mempersiapkan bekal cairan tubuh ketika sahur.

Saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki kadar air yang tinggi. seperti buah-buahan berair misalnya, itu bisa mencukupi kebutuhan kadar air harian selama berpuasa.


Selain itu, hindari juga makanan yang justru membuat tubuh terasa haus berkepanjangan hingga dehidrasi. Hal itu bisa membuat ibadah puasa kamu menjadi lemas.

Dilansir The Free Press Journal, berikut 5 tips makan sahur agar tak dehidrasi:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air yang cukup agar tidak dehidrasi saat puasa Foto: iStock

Cara sederhana untuk menjaga tubuh tetapterhidrasi selama berpuasa adalah dengan minum air putih yang cukup ketika sahur. Tips ini selalu disarankan oleh ahli gizi.

Bahkan menurut penelitian, rata-rata orang harus minum sekitar 2 liter dalam sehari agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi sepanjang hari selama berpuasa.

Cara sederhana untuk menjaga tubuh tetapterhidrasi selama berpuasa adalah dengan minum air putih yang cukup ketika sahur. Tips ini selalu disarankan oleh ahli gizi.

Bahkan menurut penelitian, rata-rata orang harus minum sekitar 2 liter dalam sehari agar tubuhnya tidak mengalami dehidrasi sepanjang hari selama berpuasa.

Baca Juga: Puasa Sebentar Lagi, Ini 5 Tips Pilih Menu Sahur Anti Haus dan Lapar

2. Mengonsumsi Kurma

Makan kurma agar tidak dehidrasi saat puasa Foto: iStock

Kurma merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa dan sahur. Makan kurma di bulan suci ramadan bahkan menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya itu, makan kurma saat sahur juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Secara ilmiah, kurma kaya akan tembaga, selenium dan magnesium yang dibutuhkan tubuh.

Kurma juga mengandung vitamin K yang membantu sel-sel tubuh manusia untuk menyimpan cairan karena ini merupakan sumber alami glukosa, sehingga meningkatkan penyerapan natrium dan air di usus.

3. Konsumsi Yogurt

Makan yogurt agar tidak dehidrasi saat puasa Foto: iStock

Yogurt juga bisa membantu menghidrasi tubuh. Fakta ini pernah disebutkan oleh sebuah penelitian. Para peneliti menyarankan untuk makan yogurt di akhir waktu sahur.

Menurut peneliti, makan yogurt selain bisa menghidrasi tubuh juga bisa menenangkan perut dan mencegah keasaman, yang pada akhirnya mencegah kamu dari dehidrasi.

4. Hindari Makanan Asin

Hindari makanan asin agar tidak dehidrasi saat puasa Foto: iStock

Ketika sahur, sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung banyak garam karena bisa menyebabkan haus. Natrium dalam jenis makanan asin membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Ketika kamu mengonsumsi makanan asin, maka air akan ditarik dari sel-sel tubuh. Nah, kondisi itulah yang kemudian memicu rasa haus.

5. Konsumsi Buah-buahan Kaya Air

Makan semangka agar tidak dehidrasi saat puasa Foto: iStock

Selain dari air, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air tinggi.
Seperti tomat, semangka, timun, kiwi, jeruk dan buah-buahan berair lainnya.

Semangka biasanya yang paling banyak dicari. Dalam 100 gram semangka memiliki kandungan air sebanyak 91%. Begitu juga dengan buah kiwi yang kandungan airnya mencapai 90%.


Sumber : detik.com

0 comments: