5 Tips Puasa Anti-Lemas Buat Remaja Aktif: Makan Semangka saat Sahur

Rabu, April 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi remaja aktif (iStockphoto/Tempura)


Konsumsi makanan sehat memang penting untuk tubuh. Terutama bagi remaja yang memiliki aktivitas super padat. 

Saat sedang berpuasa, remaja yang masih memiliki aktivitas super padat harus memperhatikan asupan makanannya. Hal ini dilakukan agar puasa bisa berjalan lancar, anti lemas, dan juga tubuh tetap sehat. 

Chef Yuda Bustara mengungkapkan makan makanan sehat seperti sayur dan buah adalah salah satu bentuk self love (cinta diri) yang murah dan baik untuk tubuh.


"Self love itu tidak terbatas pada menyenangkan diri dengan belanja atau jalan-jalan. Tapi bisa dilakukan dengan makan, yakni makan makanan sehat," ucap Yuda dalam acara KerenDimakan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI dan United Nations World Food Programme (WFP), beberapa waktu lalu.

"Tidak ada pantangan untuk makan tapi yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan."

Hanya saja seringkali para remaja punya pola makan salah yang bisa membuat hari-hari puasa mereka jadi lemas dan tak bertenaga.

Yuda memberikan tips agar para remaja bisa tetap bugar dan lancar beraktivitas setiap hari dan tips ini juga cocok dilakukan saat berpuasa agar badan selalu bugar dan anti lemas.

1. Makan makanan rumah dan ikuti petunjuk piringku

Banyak mengonsumsi makanan rumah bisa menjamin apa saja yang masuk ke tubuh karena bisa tahu takaran makanan yang dikonsumsi.

"Kebersihan dan kualitas dari makanan itu juga bisa terjamin karena kita yang masak atau keluarga yang masak di rumah," katanya.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Minum air putih sangat penting untuk tubuh. Jangan pernah melewatkan minum karena bisa menyebabkan dehidrasi, kecuali saat Anda sedang berpuasa.

Terkadang seseorang tidak bisa membedakan antara haus atau lapar jika kurang minum.

3. Makan sayur dan buah

Sayur dan buah harus jadi menu wajib setiap hari. Saat sahur dan berbuka jangan lupakan buah-buahan.

Di bulan Ramadan, kebutuhan cairan yang diikuti rasa haus di siang hari memang menyiksa. Ada baiknya mengantisipasi ini dengan makan buah semangka setiap hari setelah sahur.

"Dengan makan buah semangka, rasa haus di siang hari bisa berkurang," kata dia.

Jika sedang tak berpuasa, ganti cemilan dengan buah potong, pilih sayuran sebagai menu makan yang dipadukan dengan protein sehat.

4. Kurangi GGL

Gula, garam dan lemak atau GGL harus dikurangi. Kebanyakan asupan GGL bakal menyebabkan obesitas dan juga masalah kesehatan lainnya. Selain itu, kebutuhan gula masih bisa didapatkan dari buah yang dikonsumsi setiap hari.

5. Selalu bergerak

Jika sedang berpuasa, jangan malas untuk bergerak. Bergeraklah minimum 30 menit setiap hari harus bergerak seperti jalan santai atau senam santai.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: