5 Tradisi Unik Lebaran yang Indonesia Banget

Kamis, April 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi lebaran bersama keluarga di rumah aja. Foto: Shutter Stock
Memasuki pekan terakhir terakhir Ramadhan, hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari saja. Tentu umat muslim yang sudah berpuasa selama sebulan akan menyambutnya dengan antusias.
Hari Raya Idul Fitri tentunya bakal dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tentunya, tiap perayaan punya tradisi unik yang hanya dilakukan di masing-masing negara. Hal tersebut termasuk pula di Indonesia.
Berangkat dari sana, dirangkum oleh Tim Berita Viral, berikut lima tradisi unik hari raya Lebaran yang setiap tahunnya dilakukan di Indonesia.

1. Mudik

Menjelang lebaran, biasanya di Indonesia sudah sibuk dengan kegiatan mudik alias pulang kampung. Kegiatan yang kebanyakan dilakukan oleh perantau tersebut pun sudah menjadi tradisi, yakni bertujuan untuk reuni dengan keluarga.
5 Tradisi Unik Lebaran yang Indonesia Banget (1)
com-Ilustrasi mudik lebaran Foto: Shutterstock
Tentu mudik, buat perantau, merupakan kegiatan yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Sebab, selain bertemu dengan keluarga tercinta, di momen tersebut akhirnya para perantau bisa menikmati tinggal di kampung halaman. Sesuatu yang tak bisa dilakukan setiap hari.

2. Beli baju baru

Salah satu tradisi paling melekat di Indonesia saat Lebaran adalah membeli baju baru. Karena hal tersebut pula, banyak toko atau pusat perbelanjaan yang menyediakan diskon pada produk pakaian.
Nantinya baju baru tersebut bisa dipakai saat salat Ied atau ketika bersilaturahmi ke rumah saudara. Saking populernya tradisi ini, sampai ada lagu yang berbunyi: Baju baru, Alhamdulillah, 'Tuk dipakai di hari raya.

3. Menyuguhkan kue kering

Ketika berkunjung ke rumah saudara atau tetangga, di meja tamu kerap kali ditemukan berbagai jenis kue kering. Bahkan, tak perlu jauh-jauh, di rumah sendiri pun biasanya disediakan kue kering untuk para tamu.
Adapun kue kering lebaran yang paling populer disuguhkan, mulai dari nastar, kastengel, sagu keju, putri salju, kue kacang, hingga rengginang yang dikamuflasekan dengan toples bekas biskuit.

4. Sungkeman

5 Tradisi Unik Lebaran yang Indonesia Banget (2)
com-Ilustrasi sungkem ke orang tua Foto: Shutterstock
Kali ini merupakan tradisi yang bisa dibilang cuma ada di Indonesia, yakni sungkeman. Bahkan, diakui beberapa umat muslim dari luar negeri, salah satunya YouTuber Fouly, kegiatan sungkeman saat Lebaran membuat mereka mengalami gegar budaya.
Adapun kegiatan sungkeman biasanya dilakukan oleh anak kepada orang tuanya. Bisa juga ketika berkumpul bersama keluarga besar, maka sungkeman dilakukan kepada satu keluarga tersebut. Kegiatan itu dilakukan sebagai tanda saling bermaaf-memaafkan.

5. Ketupat dan opor

Demi perayaan Lebaran menjadi semakin istimewa, biasanya tiap keluarga akan masak-masak makanan yang lebih enak dari biasanya. Salah satu hidangan yang paling sering ditemukan adalah ketupat dan opor ayam.
Meskipun merupakan makanan daerah Jawa, kepopuleran opor sudah meluas hingga ke luar daerah. Bahkan, saking seringnya dimasak ketika lebaran oleh semua kalangan, hidangan opor seakan-akan sudah menjadi menu wajib ketika Lebaran. (bob)

Sumber : kumparan.com

0 comments: