6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Mudik menjadi salah satu agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia ketika mendapatkan libur panjang, khususnya libur lebaran. Pada momen ini, biasanya perantau atau pemudik meninggalkan rumah di kota dan kemudian kembali ke kampung halaman. Ketika mudik, maka rumah otomatis berada dalam keadaan kosong. Inilah yang menjadi kesempatan bagi banyak tindakan rawan kejahatan dana kebakaran. Agar terhindar dari tindak kejahatan tersebut, simak tips meninggalkan rumah saat mudik berikut ini.

  1. Pastikan Pintu dan Jendela Sudah Terkunci
Pastikan semua akses masuk dan keluar seperti, pintu dan jendela rumah sudah terkunci dengan baik. Tidak hanya luar rumah, pastikan pintu dan jendela yang ada di dalam rumah seperti, kamar, dapur, dan ruangan lainnya juga telah terkunci.
  1. Cabut Aliran Gas dan Listrik
Banyak berita ada rumah yang mengalami kebakaran dalam kondisi kosong karena ditinggal mudik oleh sang pemilik rumah. Sebelum melakukan perjalan mudik, sebaiknya jangan lupa untuk mencabut aliran listrik pada kulkas, AC, TV, dispenser, dan juga aliran gas di kompor. Sambungan listrik dari alat elektronik dan gas sangat berbahaya jika ditinggalkan tanpa pengawasan. Apalagi jika kamu pergi mudik dalam waktu yang lama.

  1. Matikan Semua Aliran Air dan Keran
Pastikan untuk mematikan aliran air dan menutup semua keran air. Selain itu, pastikan juga tidak tidak ada keran dan pipa yang bocor. Cara ini perlu dilakukan untuk menghindari tagihan air yang membengkak serta menghindari aliran air bocor saat kamu meninggalkan rumah.
  1. Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman
Jika kamu meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya kamu menyimpan semua barang berharga, perhiasan, dan surat-surat penting di tempat yang aman. Bisa di dalam brankas, lalu dimasukan ke dalam lemari lalu dikunci. Selain itu, untuk kendaraan bermotor yang akan ditinggalkan, kamu bisa menitipkan ke keluarga atau teman yang tidak mudik.
  1. Pasang Kamera CCTV
Ada baiknya pasang kamera CCTV, kamu bisa pasang CCTV di area-area strategis di rumah, seperti di garasi, di pintu masuk, atau taman belakang rumah. Selain di area outdoor, agar lebih aman kamu juga bisa memasang CCTV di dalam ruangan, terutama di area-area penting seperti di area menuju ke pintu kamar utama atau di ruang keluarga yang biasanya tersimpan berbagai peralatan elektronik. Dengan begini kamu bisa terus mengawasi kondisi rumah menggunakan CCTV secara live hanya menggunakan HP, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi saat meninggalkan rumah untuk mudik.

  1. Lapor RT, Satpam, dan Tetangga
Agar mudik kamu nyaman, sebelum berangkat alangkah baiknya melapor ke RT, RW, atau satpam komplek rumah jika kamu dan keluarga akan mudik. Mengapa kamu wajib memberitahu orang sekitarmu, agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan mereka akan segera memberi kabar, ketika kamu sedang mudik.

Sumber : kumparan.com

0 comments: