6 Tips Atasi Ngantuk Saat Bekerja di Bulan Puasa

Kamis, April 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi Ngantuk saat Puasa. (Foto: Shutterstock)

ADA tips atasi ngantuk saat bekerja di bulan puasa. Pasalnya, siklus tidur akan berubah lantaran kita harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur.

Jika Anda tidak tidur lebih cepat, menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, maka jam tidur selama bulan puasa akan berkurang rata-rata 40 menit. Hal ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang mengakibatkan keesokan harinya Anda menjadi mengantuk.

Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam. Maka tubuh akan menjadi lebih lemas dan mengantuk. Lantas, bagaimana cara atasi kantuk saat bekerja di bulan puasa? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Atasi Ngantuk di Bulan Puasa

Bergerak dan Jalan Kaki

Dalam satu penelitian terkenal, Robert Thayer, PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mengatakan bahwa jalan kaki 10 menit meningkatkan energi selama dua jam. Pasalnya, berjalan memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot Anda. Sementara rasa kantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

Tidur Siang Sejenak

Jika rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, Anda bisa mencuri waktu barang sejenak untuk tidur siang. Hanya saja, jangan tidur siang terlalu lama.

Pasalnya, Anda mungkin dapat merasakan semakin lemas lantaran jam biologis tubuh terganggu. Menurut seorang spesialis penyakit dalam dan pakar gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, tidur siang cukup selama 5 hingga 25 menit saja.

Istirahatkan Mata Anda untuk Menghindari Kelelahan

Bila terus menerus pada layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan memperburuk kantuk dan kelelahan. Alihkan pandangan dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk merilekskan mata.

Mengobrol

Bila Anda sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan Anda untuk mengobrol sejenak guna mengatasi kantuk saat puasa. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Agar efeknya terasa, dr. Barry Krakow menyarankan Anda untuk mengobrol soal topik-topik yang cukup “berat”, bukan sekadar basa-basi.

Nyalakan Lampu atau Cari Sinar Matahari

Lingkungan dengan pencahayaan redup memperburuk kelelahan. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Coba tingkatkan intensitas sumber cahaya Anda di tempat kerja.

Tarik Napas Dalam

Menarik napas dalam meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Ini memperlambat detak jantung Anda, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.


Sumber : okezone.com

0 comments: