6 Tips Berburu Rumah Impian Buat Generasi Z, Nomor 2 dan 5 Penting Banget

Selasa, April 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rumah. (Foto: Shutterstock)

GENERASI Z dam milenial masih banyak yang mulai berburu rumah KPR di 2022. Tak perlu khawatir karena di masa pandemi ini Anda masih dapat menikmati subsidi PPN yang tak sedikit.

Tahun ini ada lebih 400 proyek pengembang yang bergabung dalam festival properti virtual. Ada juga tips yang diberikan untuk Anda yang bergaji UMR jika ingin memberi rumah impian loh. Apa saja?

Ubah mindset

Anda perlu mengubah mindset agar bisa melengkapi kebutuhan papan. Kalau tadinya tinggal di indekos, coba untuk mengubah mindset dan perspektif.

"Hal basic adalah milenial ini harus punya mindset kalau punya rumah sendiri itu sebuah prestasi," ujar Elisabeth Cornelia dari 99 Group Indonesia.

Hindari perilaku konsumtif

Jika ingin punya rumah pertama sendiri, sebaiknya jangan jadi orang yang konsumtif. Milenial di perkotaan besar paling sering tergoda untuk

"Hindari konsumsi yang enggak penting, karena kebanyakan mereka kalau gajian itu langsung pengin beli hp baru, jadi tinggal gimana kita bisa beli dan atur pengeluaran," ujar Chong Ming Hwee, CEO 99 Group Indonesia

Bharat Buxani, yang juga mewakili 99 Group Indonesia menambahkan, bagi Anda yang ingin membeli rumah, pemilihan lokasi perlu diperhatikan. Cari lokasi strategis di pinggiran kota, tapi transportasi mendukung.

"Misal untuk pekerja di Jakarta Pusat, rumahnya di pinggiran kota, transportasinya mendukung. Jadi memudahkan untuk mereka dapat hunian pertama dan pekerja gaji UMR ini bisa loh beli rumah," tambahnya.

Sesuaikan bujet

Membeli hunian sesuaikan bujet. Tak apa-apa lokasinya di pinggiran kota sedikit, tapi hunian tersebut sudah jadi milik sendiri.

"Manfaatkan pula banyak promo yang ditawarkan itu lebih hemat. Kalau ada bujet lagi nanti upgrade, misal beli di pusat kota," ujar Conny lagi.

Manfaatkan situs resmi

Saat bujet sudah siap, kini menentukan lokasi dan Anda bisa survei lewat situs resmi. Hal ini tentu tak merepotkan Anda keliling-keliling untuk mencari hunian nyaman.

“Buat para pencari properti yang tidak ingin kerepotan untuk pergi keluar saat harus mengurus kebutuhan pembelian hunian impiannya, kami membantu menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pengunjung,” ujar Maria.

Rumah sehat

Country Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik juga pernah mengatakan bahwa konsep rumah sehat paling dicari orang selama pandemi. Kriteria rumah sehat salah satu konsepnya cenderung minimalis.

"Rumah sehat itu bahan bangunan bebas dari zat berbahaya, penataan ruang harus bagus, banyak cahaya, pencahayaan dan ventilasi harus baik," ujarnya.

Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan sirkulasi di dalam rumah. Hal ini penting dilakukan agar Anda tak boros listrik dan pergantian sirkulasi udara dalam rumah terjadi secara alami.

"Rumah sehat itu juga sirkulasi udara harus baik dan ga banyak boros AC jadi gak boros listrik," tambahnya.

Manfaatkan promo

Executive Vice President Consumer Loans Group Bank Mandiri, Ignatius Susatyo Wijoyo. Di masa pandemi ini ada banyak keuntungan yang bisa didapat. Mulai subsidi PPN sampai 130 juta rupiah, free biaya KPR, free biaya BPHTB, hingga cicilan mulai 1 jutaan.

"Kini masyarakat yang bermimpi untuk memiliki rumah impian bisa mewujudkannya dengan mengambil rumah KPR sesuai keinginan," ujarnya dalam Mandiri Festival Properti Indonesia 2022.




Sumber : okezone.com

0 comments: