6 Tips Mudik untuk Ibu Hamil demi Kenyamanan dan Keamanan

Sabtu, April 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

6 Tips Mudik untuk Ibu Hamil demi Kenyamanan dan Keamanan, Sumber Foto: Unsplash/Ömürden Cengiz
Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi. Berbagai persiapan harus dipersiapkan saat hari raya dari mulai baju baru, ngecat rumah, hingga persiapan mudik. Kali ini, kita akan membahas mengenai tips mudik untuk ibu hamil demi kenyamanan dan keamanan.
Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia. Bagaimana tidak, bertemu dengan sanak keluarga dari kampung menjadi moment yang istimewa jika saat hari raya Idul Fitri. Tidak ada pantangan mudik termasuk kehamilan seorang ibu.

Sejak pandemi COVID -19 tahun 2020 lalu, pemerintah telah membatasi kegiatan orang banyak, salah satunya mudik. Namun, khusus tahun ini, masyarakat diperbolehkan untuk mudik dengan beberapa syarat. Khusus untuk ibu hamil, ada beberapa tahapan yang harus dilewati demi menjaga kesehatan si kecil dalam perut.
Pada umumnya perempuan hamil memilih untuk tidak melakukan perjalanan jauh ketika masih awal usia kandungan. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara mudik yang aman bagi ibu hamil. Apa apa saja nih yang harus dilakukan agar ibu hamil tetap terjaga kandungannya meskipun sedang mudik.

6 Tips Mudik untuk Ibu Hamil demi Kenyamanan dan Keamanan

Simak tips mudik untuk ibu hamil berikut agar aman dan nyaman dalam perjalanan.

Tips Mudik untuk ibu hamil

  • Pertimbangkan usia kehamilan
Dilansir dalam haibunda.com, menurut dr. Rinto Riantori, spOG dari Mayapada Hospital, Jakarta Selatan bahwa usia 14-28 Minggu merupakan usia aman dalam menjalankan mudik. Beliau menambahkan kalau usia. Usia kehamilan 0 - 14 minggu kemungkinan mual muntah dan flek atau ancaman keguguran besar.
  • Konsultasi dengan dokter
Langkah pertama yang ibu lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Nah, jika dokter tidaknya menyarankan karena kondisi kandungan tidak memungkinkan, sebaiknya ikuti rekomendasi dari dokter ya, bu! Jika dokter mengizinkan, jangan lupa untuk meminta vitamin khusus dan persiapan obat-obatan yang sekiranya diperlukan saat perjalanan.

  • Minta surat dokter untuk berjaga jaga apabila diminta petugas
Setelah kamu melakukan check-up, penting bagi kamu untuk meminta surat keterangan dokter, khususnya bagi kamu menggunakan kendaraan umum. Surat keterangan dokter berfungsi sebagai bukti dan kesaksian dari dokter kamu kalau kamu dinyatakan aman dan siap untuk mudik.
  • Memilih durasi perjalanan maksimal 4 jam
Durasi perjalanan juga penting untuk dipertimbangkan oleh ibu hamil. Durasi yang dianjurkan oleh ibu hamil adalah maksimal 4 jam. Hal ini dikarenakan jika ibu hamil duduk terlalu lama dapat mengakibatkan penghambatan pembuluh darah pada tungkai. Tips bagi ibu yang berpergian lebih dari 4 jam bisa melakukan peregangan ringan setiap jam nya.
  • Gunakan pakaian senyaman mungkin.
Kondisi ibu hamil yang perutnya semakin membesar maka gunakan baju senyaman mungkin. Rekomendasi bahwa baju yang dapat dipilih adalah berbahan elastis, longgar, serta menyerap keringat.
  • Hindari Makanan dengan Kadar Minyak dan Gas Tinggi
Ibu hamil pada umumnya sering merasakan lapar dan haus. Penting nih bagi ibu hamil harus menyediakan makanan sehat dan bergizi. Selain itu, hindari makanan yang berminyak dan berkadar gas tinggi. Nah, karena makanan ini bisa cepat haus, perut mual, dan terasa begah.
Diatas adalah beberapa tips mudik untuk ibu hammil yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat!(Sarah)


Sumber : kumparan.com

0 comments: