7 Angkot Ternyentrik Khas Negara Asia, Indonesia Juga Punya Lho!

Sabtu, April 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jeepney, angkot nyentrik asal Filipina (Foto: Instagram/@pk_onthego)

7 ANGKOT ternyentrik khas negara Asia yang akan dibahas pada artikel kali ini dijamin akan membuat anda penasaran. Angkot merupakan salah satu moda transportasi umum yang sering kita temukan di Indonesia.

Ternyata, di beberapa negara Asia juga menyediakan angkot. Bedanya, angkot-angkot ini cukup nyentrik daripada angkot di Indonesia. Tentunya, anda akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika menaiki angkot-angkot nyentrik ini.

Lantas, seperti apa ya angkot nyentrik tersebut? Daripada penasaran, berikut 7 angkot ternyentrik khas negara Asia.

Delman, Indonesia

Indonesia juga memiliki angkot yang nyentrik, namanya delman. Dibeberapa kota, angkutan tradisional ini mungkin sudah tidak ada. Tapi di beberapa daerah masih dipertahankan.

Delman memanfaatkan tenaga kuda untuk bisa bergerak. Biasanya, delman dihiasi dengan rumbai-rumbai yang unik dan nyentrik.

Delman

(Foto: Instagram/@rasyidalbuq)

Longtail Boat, Thailand

Pergi ke Thailand belum afdal jika tidak mengunjungi pantainya. Pantai di Thailand ternyata memiliki transportasi air yang unik, yaitu sebuah perahu dengan moncong yang panjang. Wisatawan dapat menaiki perahu ini untuk berkeliling di perairan pantai sembari menikmati pemandangan yang eksotis.

TukTuk, Thailand

Bagi anda yang sering berpergian ke Thailand tentu tidak asing dengan angkot yang satu ini. TukTuk merupakan transportasi sejenis bajaj, bedanya ukurannya sedikit lebih besar dan warnanya mencolok.


Bullet Train

(Foto: matcha-jp.com)

Bullet Train, Jepang

Lagi-lagi dari negara Jepang. Jika tadi sudah membahas mengenai transportasi tradisionalnya, kini yang akan dibahas adalah transportasi super modernnya.

Bullet train merupakan sebuah kereta cepat yang bisa melesat seperti peluru. Laju kereta ini diklaim secepat pesawat, atau setidaknya minimum kecepatannya adalah 320km/jam.

Jinriksha, Jepang

Jepang merupakan negara maju dan memiliki teknologi yang snagat modern. Meskipun demikian, ternyata di Jepang memiliki angkot tradisional yang unik.

Jinriksha adalah sebuah transportasi roda dua yang ditarik oleh seorang manusia. Bnetuknya sekilas mirip dengan delman. Anda bisa menemukan transportasi ini di kawasan Kuil Sensoji di Asakusa, Tokyo.

Jeepney, Filipina

Jeepney merupakan angkot nyentrik yang berasal dari Filipina. Kendaraan roda empat ini memiliki bentuk yang cukup pajang dan mampu memuat banyak penumpang.

Jeepney

(Foto: Instagram/@pk_onthego)

Jeepney dulunya adalah mobil jip bekas tentara Amerika Serikat saat Perang Dunia II. Lalu dimodifikasi oleh warga Filipina dan dijadikan sebagai moda transportasi.

Kereta Api Bambu, Kamboja

Kereta api bambu atau Nori merupakan sebuah transportasi yang terbuat dari anyaman bambu datar dengan menggunakan mesin sebagai alat penggerak. Warga Kamboja memanfaatkan Nori sebagai alat untuk mengangkut barang dan sebagai transportasi wisatawan.


Sumber : okezone.com

0 comments: