7 Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Ngalahin Kolak dan Gorengan Indonesia Gak Nih?

Sabtu, April 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Menu buka puasa paling unik di dunia (Foto: The Happy Foodie)

MENU buka puasa paling unik di dunia akan dibahas dalam artikel ini. Setiap negara memang memiliki tradisi menu buka puasa yang berbeda-beda.

Ada yang lebih dulu diawali dengan kudapan ringan, tapi ada pula negara yang penduduk Muslimnya terbiasa berbuka puasa dengan menu makanan berat.

Jika Indonesia punya gorengan dan kolak, lalu seperti apa menu buka puasa umat Muslim di negara lain? Merangkum National Geographic dan Bahath, Jumat (8/4/2022) yuk intip ulasan singkat menu buka puasa unik di berbagai negara di dunia.

Moi-Moi

Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: Guardian)

Merupakan menu buka puasa khas dari Nigeria. Bukan terbuat dari susu atau fla, uniknya pudding gurih ini terbuat dari kacang polong atau kacang madu yang dihaluskan dan dicampur dengan telur, daging sapi, ikan, atau udang. Baru kemudian dicampur lagi dengan paprika Romano, scotch bonnet, bawang dan air. Dibungkus dalam daun pisang lalu dikukus hingga matang.


Harees

Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: Tasteatlas)

Menu buka puasa yang biasa terhidang di rumah-rumah penduduk Uni Emirat Arab. Jika orang Indonesia makan bubur asin sebagai menu sarapan, di sini bubur asin bernama Harees ini disantap sebagai menu buka puasa. Bubur gandum berisi daging domba atau ayam, yang proses memasaknya membutuhkam waktu semalaman karena gandum harus direndam. Daging dan tulang juga harus direbus selama empat jam atau lebih.

Couscous

Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: Tasteofmaroc)

Menu buka puasa unik dane estetik dari Moroko ini adalah sajian daging, sejumlah sayuran berbeda yang dikombinasikan dengan buncis. Uniknya, secara tradisional masyarakat Maroko menyajikan menu satu ini pada hari Jumat, maka dari itu disebut sebagai 'Friday Couscous'.

Nafaqo

Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: Xawaash)

Menu buka puasa satu ini berasal dari Somalia. Bentuknya seperti baso goreng, tapi Nafaqo sendiri adalah kentang bulat berisi telur rebus yang dimasak dengan teknis khusus. Di beberapa daerah, ada juga yang mengganti kentang dengan daging giling.

Menu buka puasa paling unik di dunia (Foto: The Happy Foodie)

Ingera

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: Chipabythedozen)

Menu buka puasa umat Muslim di Ethiopia satu ini punya visual cantik yang memanjakan mata. Berukuran besar cocok untuk menu makan satu keluarga besar dan disajikan bersama aneka ragam saus cocolan. Mulai dari daging hingga sayur bayam.

Ayam Masak Merah

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: YouTube/Indoculinaire Hunter)

Biasanya keluar sebagai hidangan khas Lebaran di Malaysia. Tapi beberapa orang memilih menyajikan Ayam Masak Merahs sebagai menu buka puasa. Meski visual mirip ayam kari, tapi sebetulnya ayam masak merah satu ini punya cita rasa dan tekstur yang sangat berbeda dari ayam kari.

Fata

Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia

(Menu Buka Puasa Paling Unik di Dunia, Foto: YouTube/The Happy Foodie)

Bingung mau makan roti, daging atau nasi? Nah, Fata yang merupakan menu buka puasa khas di Mesir. Ya, uniknya Fata menggabungkan semuanya, nasi, roti yang garing, dan daging sebagai sumber protein. Nasi diberi toping irisan daging domba, diberi roti lalu disiram saus merah di atasnya.


Sumber : okezone.com

0 comments: