8 Tempat Wisata Religi Terbaik di Surabaya, Cocok Diziarahi saat Ramadan

Jumat, April 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 04 06 408 2574454 8-tempat-wisata-religi-terbaik-di-surabaya-cocok-diziarahi-saat-ramadan-KPBvhQ82ZJ.jpg


ADA 8 tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang cocok diziarahi saat bulan Ramadan. Wisata religi memang aktivitas paling umum dilakukan di bulan suci. Selain mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, wisata religi juga menambah wawasan terhadap ragam budaya Islam di Indonesia.

Salah satu kota yang punya banyak kawasan wisata religi adalah Surabaya. Menjadi rumah dari makam tokoh agama dan masjid-masjid bersejarah, berikut ini delapan tempat wisata religi terbaik di Surabaya.

1. Masjid Agung Sunan Ampel

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang pertama adalah Masjid Agung Sunan Ampel. Dibangun pada tahun 1421, masjid ini menjadi salahsatu peninggalan Sunan Ampel yang dinobatkan pemerintah sebagai situs bersejarah Islam.

Ilustrasi

8 tempat wisata religi terbaik di Surabaya, termasuk Masjid Sunan Ampel (Instagram @fauziiyy)

Selain masjid megah, kawasan ini juga mencakup sebuah pesantren dan makam sang Sunan yang terletak di sebelah barat.

2. Makam Sunan Ampel

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang ke-dua adalah Makam Sunan Ampel. Masih menyambung poin pertama, makam Wali Songo tertua yang terletak di Kampung Ampel ini bisa ditemui di sebelah barat Masjid Agung Sunan Ampel yang berlokasi di Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

3. Makam Kiai Al-Habib

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang ke-tiga adalah Makam Kiai Al-Habib. Tidak jauh dari Makam Sunan Ampel, ada tempat peristirahatan seorang tokoh agama dari Yaman bernama Kiai Al-Habib. Lahir pada tahun 1265H, Kiai Al-Habib menemukan tempat peristirahatan terakhirnya di Jalan Ampel Gubah Kidul No. 21, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

4. Masjid Al-Akbar

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya berikutnya adalah Masjid Al-Akbar. Dibangun tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan Walikota Surabaya kala itu, masjid ini sempat terhenti pembangunannya karena krisis moneter yang melanda Indonesia. Akhirnya, Masjid Al-Akbar baru selesai didirikan pada tahun 2000 dan kini tak hanya menjadi situs bersejarah Islam namun juga situs bersejarah bagi Indonesia.

5. Masjid Cheng-Ho

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya selanjutnya adalah Masjid Cheng-Ho. Sejarah masjid ini punya kaitan yang erat dengan Rasulullah SAW karena mulai dibangun pada tanggal 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Is

Isra’ Mi’raj. Setelah setahun melaksanakan pembangunan atas hasil diskusi pemuka agama dan budaya di Surabaya, akhirnya masjid ini diresmikan pada tanggal 13 Oktober 2002. 

6. Makam Sunan Bungkul

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang berikutnya adalah Makam Sunan Bungkul. Juga disebut dengan Makam Mbah Bungkul, makam ini terletak di Taman Bungkul; tepatnya di bagian belakang, melewati jajaran warung yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Makam ini, dan juga kawasan taman yang menaunginya, berlokasi di tepi Jalan Raya Darmo.

7. Makam Kiai Sedo Masjid

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang selanjutnya adalah Makam Kiai Sedo Masjid. Dikenal warga sekitar sebagai Makam Tembaan karena lokasinya yang berada di daerah Tembaan, Kiai Sedo Masjid merupakan salahsatu tokoh agama lokal yang turut berperan dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Ilustrasi

8. Makam Sawunggaling

Tempat wisata religi terbaik di Surabaya yang terakhir adalah Makam Sawunggaling. Makam yang terletak di Desa Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri ini diketahui menjadi saksi kebesaran Kerajaan Surabaya pada masanya. Makam ini sendiri merupakan tempat peristirahatan terakhir Adipati Sawunggaling yang dikenal jujur serta gagah berani.


Sumber : OKEZONE

0 comments: