Bak Persugihan! Mulai dari Rihanna hingga Shandy Purnamasari Banyak Dapat Cuan dari Bisnis Kecantikan

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


JAKARTA - Bisnis kosmetik atau kecantikan kini menjadi andalan pendulang uang sejumlah artis dunia. Pasalnya, industri kecantikan global memang tumbuh sangat pesat

Dikutip dari Marketplace.org, Minggu (17/4/2022), nilai industri kecantikan dunia tahun 2021 mencapai USD511 miliar atau sekiitar Rp7.307 triliun (kurs Rp14.300). Angka itu naik dibandingkan tahun 2020 yang "baru" mencapai USD438 miliar (Rp6.263 triliun).

Nilai yang segede alaihim itu membuat sejumlah artis kepincut untuk mencicipinya. Sebut saja misalnya, Rihana. Penyanyi yang bernama lengkap Robyn Rihanna Fenty NH ini masuk dalam daftar wong sugih versi Forbes gara-gara bisnis kosmetiknya.

Penyanyi berusia 33 tahun ini mengantongi kekayaan Rp24,3 triliun. Premiumbeautynews.com menulis masuknya Rihanna dalam jajaran orang terkaya di dunia bukan karena bakat bermusiknya, tapi karena bisnisnya.

Salah satu bisnis penyumbang kekayaan Rihanna adalah produk-produk kosmetik atau kecantikan dengan merek Fenty Beauty yang diluncurkan pada 2017.

Forbes melaporkan bahwa merek tersebut telah menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 550 juta pada tahun 2018, hanya satu tahun setelah pembuatannya. Hari ini, bisnis kosmetik Rihanna bernilai hampir USD2,8 miliar.

Rihanna tak sendirian, artis atau selebritis dunia lainnya juga banyak yang terjun ke bisnis kosmetik. Jessica Alba sudah lebih dulu masuk ke bisnis kosmetik dengan perusahaan The Honest Company. Menurut peringkat yang dilakukan Cosmetify baru-baru ini, The Honest memiliki omzet sebesar USD300,5 juta.

Pesohor Kylie Jenner juga "pernah" masuk dalam jajaran orang terkaya versi Forbes di tahun 2019, sebelum dicopot karena menggelembungkan pendapatannya. Adik dari Kim Kardhasian ini mengibarkan Kylie Cosmetics untuk produk-produk kecantikannya.

Memanfaatkan 255 juta pengikutnya di Instagram, Kyle banyak mendulang uang dari bisnis kosmetiknya. Menurut Cosmetify pendapatan Kyle dari bisnis kosmetiknya hampir USD200 juta.

Saat ini Kyle diperkirakan memiliki kekayaan sebesar USD900 juta atau Rp12,8 triliun. Lady Gaga juga memiliki bisnis kosmetik lewat merek Haus Labs yang didirikan pada 2019. Setahun diluncurkan, Lady Gaga menghasilkan pendapatan USD141 juta.

Deretan artis atau peshohor dunia yang juga ikut berbisnis kosmetik adalah Millie Bobby Brown, Selena Gomez, Jennifer Lopez, Cindy Crawford, dan Miranda Kerr. Di dalam negeri, kita mengenal Shandy Purnamasari, istri Gilang Widya Pramana pemilik Juragan 99 alias crazy rich Malang. Memulai bisnis kecantikan lewat sebuah klinik pada 2017, kini Shandy menjelma menjadi salah satu pebisnis kosmetik dengan merek MS Glow paling dibicarakan di Indonesia.

Memang tak ada data soal kekayaan jumlah Shandy, namun melihat gaya hidupnya yang punya jet pribadi, koleksi mobil mewah, jelas hartanya terbilang bejibun. Makanya ada yang menduga bahwa dia ikut persugihan. Sebuah dugaan yang mungkin saja mengada-ada.

Sumber : sindonews

0 comments: