Bermula dari Bidan, Vinvin Alvionica Kini Pebisnis Fashion Sukses Beromzet Rp 1 M

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Jakarta - Kisah inspiratif dari para pengusaha sebelum menuai kesuksesan memang tidak ada habisnya. Banyak di antara sang pebisnis yang berangkat dari keluarga biasa-biasa saja selalu menyimpan cerita unik tersendiri. Sama halnya dengan pemilik brand fashion muslim Alunicorn yakni Vinvin Alvionica.

Sebelum sesukses sekarang, Vinvin dahulu sempat menjadi seorang bidan. Ia sendiri memang diketahui tercatat sebagai lulusan bidan dari Fakultas Kedokteran Unpad Jatinangor, Bandung.

Dirinya mengawali karier sebagai seorang bidan di tahun 2015 dan bekerja pada salah satu Rumah Sakit di Bandung. Saat itu, dirinya diupah sebesar Rp 1 juta per bulan.

Menilik kebutuhan sehari-hari yang belum tercukupi, di tahun 2017 Vinvin memutuskan untuk mulai merintis usaha di bidang fashion yang fokus berjualan hijab. Berbagai pasang-surut pun pernah ia alami selama merintis usahanya dari nol tersebut.

"Saya memulainya dari nol. Jadi, awalnya tidak langsung membuat brand saat itu. Usaha kecil-kecilan dulu, jual sama teman di tempat kerja," ujar Vinvin.

Vinvin Alvionica bahkan pernah mendapat musibah. Saat berjualan dulu masih pakai motor, ia sempat tersungkur karena mengantuk.

"Tanpa sengaja saya tertidur di atas motor, hingga akhirnya barang pesanan tersebut jatuh berhamburan ke jalan. Saya pun harus memunguti satu per satu," tutur Vinvin.

Bermodalkan kerja keras dan pantang menyerah, Vinvin Alvionica pun mulai menjajakkan dagangan melalui media sosial seperti Tiktok dan Instagram di @alunicorn_id.

Semua kegiatan berdagangnya ia lakukan seorang diri, mulai dari cari bahan baku, membalas chat pelanggan, hingga proses packing.

Perlahan namun pasti, rupanya usaha Vinvin mulai membuahkan hasil dan memiliki prospek yang lebih baik. Alhasil di tahun 2018, ia memutuskan berhenti menjadi bidan dan fokus pada pengembangan bisnisnya tersebut.

Kini brand Alunicorn telah memiliki website resmi sendiri, memiliki banyak karyawan, hingga memiliki omzet miliaran rupiah per bulan. Pangsa penjualan produknya pun tidak hanya di dalam negeri, melainkan sudah ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea, dan lainnya.

Melalui kisahnya tersebut, Vinvin selaku owner pun memberi wejangan bagi seluruh masyarakat, khususnya perempuan yang tengah merintis bisnis.

"Karena namanya bisnis, itu banyak tantangannya. Tidak bisa instan, semua butuh proses apalagi di fashion. Kita harus tahu produk apa yang mau kita jual, sasaran marketnya bagaimana dan bagaimana menciptakan produk ngangenin yang dapat diterima di masyarakat," tutur Vinvin.

Saat ini, Alunicorn telah tersedia di berbagai marketplace yang ada. Hebatnya lagi, brand milik Vinvin Alvionica juga telah bekerja sama dengan berbagai artis, seperti Melody Prima, Rachel Vennya, Aurel Hermansyah, sampai Dinda Hauw.
Sumber : detik.com

0 comments: