Buka Pintu untuk 1 Juta Jemaah, Arab Belum Izinkan Lansia Berhaji

Sabtu, April 09, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Arab Saudi belum mengizinkan jemaah haji lansia untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi menyebut salah satu syarat yang harus dipenuhi jemaah adalah usia di bawah 65 tahun. Artinya calon jemaah haji lanjut usia (lansia) belum diizinkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. 

Arab Saudi membuka kuota jemaah haji sebanyak 1 juta orang tahun ini. Jemaah haji dari luar Arab Saudi juga sudah diizinkan masuk.


"Ibadah haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan sudah menerima vaksin utama Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Saudi," tulis Kementerian Haji dan Umrah lewat akun Twitter resminya.

Di samping itu, jemaah harus tes PCR dalam waktu 72 jam setelah sampai dan harus menunjukkan hasil negatif.


Dalam keterangannya, Kementerian Haji dan Umrah memastikan jemaah bisa melakukan ibadah dengan aman dan tetap dalam suasana spiritual meski jumlah jemaah ditambah.

Kuota tahun ini dihitung dari negara-negara yang akan mengirim jemaah dengan alokasi kuota tertentu dan berbagai pertimbangan juga rekomendasi kesehatan.

Kuota jemaah haji tahun ini meningkat drastis mengingat tahun lalu hanya dibuka untuk 60 ribu jemaah.

Di 2021, Indonesia memutuskan untuk tidak mengirim jemaah haji. Sebelumnya di 2020, penundaan juga dilakukan berkat penyebaran Covid-19 yang massif.

Kementerian Agama RI mengeluarkan Keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

"Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1442 hijriah atau 2021 masehi bagi WNI yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya," kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, tahun lalu.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: