Erick Thohir Ungkap Kunci Sukses Jadi Pengusaha

Senin, April 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



BANDUNG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berbincang dengan para pengusaha di Jawa Barat, dalam kunjungan kerjanya di Kota Bandung.

Kegiatan bertajuk "Intimate Session: Menteri BUMN Erick Thohir bersama Pengusaha di Jawa Barat" yang digelar di Hotel Papandayan, Kota Bandung dihadiri lebih dari 150 pengusaha yang berasal dari 25 asosiasi/organisasi dan pelaku UMKM di Jabar.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh para pengusaha di Jabar untuk berdialog dengan Erick Thohir dan mendengarkan langsung program-program BUMN yang dapat disinergikan dengan para pengusaha Jabar dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Erick Thohir pun memberikan pemaparan terkait upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Indonesia harus siap menghadapi 5 tren disrupsi global di antaranya, geo-ekonomi, demografi, lingkungan, teknologi, dan kesehatan.

Selain itu, dengan latar belakangnya sebagai pengusaha, Erick Thohir pun berbagi rahasia dengan menyampaikan beberapa poin parameter kunci untuk bisnis yang berkelanjutan.

"Para pengusaha harus peka terhadap nilai dan dinamika pasar, perlu inovasi dan transformasi digital yang berkelanjutan, serta memiliki manajemen neraca keuangan yang sehat," ungkap Erick Thohir.

Dalam kesempatan yang singkat itu, Erick Thohir juga menyampaikan berbagai upaya pemerintah melalui program-program Kementerian BUMN untuk mendukung ekosistem wirausaha di Indonesia.

Sejumlah upaya tersebut, di antaranya program peningkatan kemudahan akses layanan pendanaan yang terintegrasi serta peningkatan kapasitas pengusaha muslim melalui Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Selain itu, Erick Thohir juga mengatakan bahwa Kementerian BUMN memberikan dukungan pendanaan dan investasi di startup company dan pembangunan infrastruktur guna mendukung industri pariwisata setempat.

Harapannya, pertemuan antara para pengusaha Jabar dan Erick Thohir yang singkat itu menjadi awal yang baik untuk terus melahirkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah melalui Kementerian BUMN dan pengusaha di Jabar.

Sumber :okezone

0 comments: