Geram! Pimpinan DPR: Harus Diadang, Tak Boleh Malaysia Mengklaim Reog karena Ini Budaya Kita!

Kamis, April 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Geram! Pimpinan DPR: Harus Diadang, Tak Boleh Malaysia Mengklaim Reog karena Ini Budaya Kita!
Reog Ponorogo di Cap Go Meh Glodok. (suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Suara.com - Kabar klaim Malaysia yang disebut akan mengajukan Reog menjadi warisan budayanya ke UNESCO mendapat reaksi keras dari dari pimpinan DPR RI. Klaim Malaysia soal Reog harus diadang. 

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar  berujar bahwa Reog merupakan budaya asli Indonesia. Sehingga Malaysia kata dia tidak boleh asal klaim budaya negara lain.

"Upaya klaim Malaysia mau mengajukan Reog harus diadang. Tidak boleh Malaysia mengklaim Reog karena ini memang asli budaya kita (Indonesia). Kasus ini sebenarnya sering terjadi, saya kira pemerintah harus lebih tegas lagi," kata Muhaimin, Kamis (7/4/2022)

Menyusul kabar Malaysia yang akan mengklaim Reog sebagai warisan budaya mereka, Muhaimin lantas mendesak pemerintah segera menginventarisir dan menetapkan klasifikasi budaya asli Indonesia. 

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar. (Dok: DPR)

Menurut dia langkah untuk inventaris sangat penting dilakukan agar klaim negara lain tidak lagi terjadi. 

"Setelah diinventarisir saya minta segera didaftarkan ke UNESCO," ujar Muhaimin.

Muhaimin mengingatkan bahwa budaya yang merupakan warisan leluhur wajib dijaga dan dilestarikan oleh segenap bangsa. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan, lanjut Muhaimin harus punya kewajiban untuk menjaganya agar tidak dicaplok negara lain.

"Leluhur kita tidak sembarangan menciptakan budaya dan tradisi. Kita bisa harmoni seperti sekarang ya karena budaya-budaya yang mereka wariskan ke kita. Jadi jangan dianggap sepele, dan mari kita jadikan budaya sebagai Panglima," tandasnya.

Sumber : Suara.com

0 comments: