Ini Rumah Singgah Sukarno di Malang yang Kini bak Rumah Hantu

Sabtu, April 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Malang - Bella Vista dulu begitu megah dan sempat jadi tempat singgah Presiden Sukarno. Tapi sayang sekarang rumah itu terbengkalai.

Bella Vista tampak tak terawat karena sudah lama tak berpenghuni. Rumah yang terletak di Jalan Gajahmada, Kota Malang itu dulunya sempat menjadi tempat tinggal warga Belanda. Menurut pemerhati budaya Malang, Agung Buana, Bella Vista dibangun sejak 1920.

Pada saat tahap satu pembangunan Kota Malang tahun 1917, pemerintah Belanda menjadikan Bella Vista sebagai contoh bangunan untuk rumah lainnya di kompleks tersebut. Ketika itu, Belanda berencana membangun perumahan di jantung Kota Malang.

Menurut Agung, pembangunan Bella Vista ini menganut arsitek yang disebutnya sebagai Nieuwe Indische Bouwstijl. Artinya, gaya ornamen dan arsitek rumah tersebut sudah mengadopsi beberapa nilai lokal Indonesia dan digabungkan dengan Belanda.

Hingga kini, rumah tersebut belum mengalami perubahan yang signifikan. Hanya saja beberapa kusen yang rusak dan cat rumah mengalami pemudaran. Sebenarnya, rumah ini bisa masuk sebagai cagar budaya. Sebab, Bella Vista merupakan bangunan yang berumur lebih dari 50 tahun, mempunyai ciri arsitektur tertentu, dan punya nilai historis.

Sumber : detik.com

0 comments: