Intip Pesona Arsitektur Benteng Belgica, Cagar Budaya Kelas Dunia Berjuluk 'Pentagon' Indonesia

Senin, April 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 04 16 408 2579891 intip-pesona-arsitektur-benteng-belgica-cagar-budaya-kelas-dunia-berjuluk-pentagon-indonesia-sh2TdNQiqH.JPG

SELAIN terkenal akan keindahan alamnya, wilayah Indonesia Timur juga sarat akan berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur yang indah nan ikonik sehingga menjadi daya tarik pariwisata.

Hal itu sebagaimana yang tergambar pada Benteng Belgica yang berada di wilayah Banda Neira, Provinsi Maluku.

Mengunjungi Banda Neira tak lengkap rasanya apabila belum menginjakkan kaki di Benteng Belgica. Hal itu karena bangunan yang telah berdiri kokoh sejak abad ke 16 ini adalah salah satu ikon wisata Banda Neira karena letaknya yang berada persis di tengah-tengah kepulauan. 


Lalu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Benteng Belgica punya pesona arsitektur yang luar biasa yang berbentuk bintang persegi dan mirip dengan Gedung Pentagon sebagai Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Maka dari itu, Benteng Belgica seringkali disebut sebagai 'Pentagonnya Indonesia'.

Benteng Belgica di Banda Neira

Sejarah singkat Benteng Belgica

Keindahan bangunan di Banda Neira ini diprakarsai oleh Bangsa Portugis pada abad ke-16. Lalu pada 4 September 1611, atas perintah Jenderal Pieter Both (Belanda), benteng ini kembali dibangun dan kemudian diberi nama Fort Belgica.

Lokasinya yang strategis disebabkan karena Fort Belgica dulunya digunakan sebagai markas besar VOC di Maluku sekaligus simbol monopoli Belanda atas rempah-rempah Indonesia Timur.

Benteng ini menjadi saksi sejarah pertempuran panjang masyarakat setempat terhadap organisasi dagang bentukan Belanda itu. 

Situs warisan dunia di Indonesia Timur

Benteng yang berada di Bukit Tabaleku, Kecamatan Neira, Pulau Banda Neira dengan ketinggian 30 meter di atas permukaan laut ini secara garis besar punya dua lapis bangunan.

Di salah satu lapis bangunan kedua, terdapat sejumlah menara di setiap sisi nya yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan panorama Pulau Banda Neira, mulai dari birunya perairan Teluk Banda, sunset, puncak Gunung Api yang menjulang, sampai rimbunnya pohon pala di Pulau Banda Besar.

Dengan perpaduan keindahan arsitektur, sejarah panjang plus kondisi alam sekitar bangunan yang luar biasa cantik, tak heran apabila bangunan ini telah ditetapkan menjadi Cagar Budaya Nasional oleh Pemerintah Indonesia, bahkan telah didaftarkan menjadi situs warisan dunia ke UNESCO di tahun 1995.


Sumber : OKEZONE

0 comments: