Jadi Kota Kelahiran RA Kartini, Cek 5 Destinasi Wisata Pantai Menarik di Jepara

Selasa, April 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



JEPARA terkenal sebagai kota kelahiran Raden Adjeng Kartini, tokoh pahlawan perempuan Indonesia yang memperjuangkan emansipasi perempuan.

Tak cuma dikenal sebagai kota kelahiran RA Kartini, Jepara punya segudang tempat wisata yang menarik buat disambangi.

Salah satu destinasi yang populer dikalangan masyarakatnya adalah pantai.

Kali ini ada lima tempat wisata pantai di Jepara yang wajib untuk didatangi jika Anda sedang berada di Jepara.

Berikut lima destinasi wisata pantai menarik di Jepara:

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini menjadi tempat wisata di Jepara berupa pantai yang paling terkenal. Letak pantai ini tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya 2,5 km saja dari kantor bupati sehingga rute yang dilalui tidak terlalu sulit. Setiap hari, pantai Kartini selalu ramai dikunjungi baik oleh masyarakat sekitar atau dari luar kota Jepara. 

Di dalam pantai ini banyak wahana yang dapat dicoba, salah satunya yaitu bangunan besar berbentuk kura-kura. Bangunan itu disebut Kura-Kura Ocean Park yang isinya adalah aquarium raksasa. Sehingga jika berkunjung kemari, Anda tidak hanya mendapat keindahan pantai tetapi juga dapat mencoba mengunjungi Kura-Kura Ocean Park.

2. Pantai Bandengan

Tempat wisata di Jepara lainnya adalah Pantai Bandengan yang juga dapat disebut Pantai Tirto Samodra. Memiliki lokasi yang tidak jauh dari pusat Kota, yaitu hanya 7 km saja. Pasir putih dan air laut biru menjadi daya tarik dari Pantai Bandengan. Ombak di pantai ini pun tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang dan bermain anak-anak. Anda juga dapat menemukan jasa sewa banana boat, jet ski, ATV, hingga kano. Pantai ini beberapa kali mengadakan festival laying-layang. Tentunya jika Anda berkunjung kemari akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

3. Pantai Empu Rancak

Di Pantai Empu Rancak, akan banyak ditemukan berbagai ragam olahan seafood. Apalagi jika Anda dan keluarga gemar memakan olahan seafood, pantai ini akan cocok sekali untuk dikunjungi. Selain itu, ada banyak gazebo yang menjadi tempat untuk menyantap makanan ataupun hanya sekedar bersantai. Pohon pandan pandai yang menghiasi sekitar gazebo menjadi nilai estetika tersendiri. Empu Rancak memiliki pasir yang putih dan ombaknya sangat tenang. Yang lebih menarik adalah Anda tidak perlu membayar untuk masuk ke pantai ini. Lokasi pantai ini yaitu terletak di desa Karang Gondang kecamatan Mlonggo.

4. Pantai Pulau Panjang

Pantai Pulau Panjang berada di desa Ujungbatu, Kecamatan Jepara. Sehingga jika ingin kesaana, Anda harus menaiki perahu terlebih dulu dari dermaga yang ada di Pantai Kartini. Kira-kira akan menempuh 20-30 menit agar sampai ke Pulau Panjang dengan menaiki perahu. Walaupun begitu, setelah sampai di sana Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dengan ombak yang tenang, air bersih, dan juga pasir putih. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati pesona terumbu karang yang terlihat di pantai ini. Selain pantainya, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan hutan tropis dengan pepohonan yang cukup tinggi.

5. Pantai Kampung Prau

Tempat wisata di Jepara satu ini merupakan pantai yang sering dikunjungi saat matahari akan terbenam. Terlebih jika malam minggu, akan ada banyak wisatawan menggelar tikar di pinggir pantai untuk menikmati panorama senja. Tidak hanya pemandangan yang indah, Anda juga dapat menikmati makanan yang dijual para pedagang di sekitar pantai. Lokasi Pantai Kampung Prau terletak di desa Bandengan, yang hanya berjarak sekitar 5,2 km dari pusat kota. Pantai ini cocok untuk liburan bersama teman, keluarga atau bersama pasangan karena menawarkan panorama yang indah serta banyaknya tempat nongkrong di sekitar pantai.

Sumber :okezone

0 comments: