Jejak Mistis di Balik Suara Gemuruh Misterius di Sukabumi

Senin, April 25, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Sukabumi - Misteri suara gemuruh di Kampung Selajambe atau yang dikenal Rawabangke, Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi belum terungkap. Kepala Desa Selajambe Pipin Saripin mengatakan, ada cerita di balik fenomena tersebut.

Awalnya Pipin mengkonfirmasi langsung terkait beredarnya informasi suara gemuruh di RT 17 itu. Dia mengkhawatirkan jika fenomena itu dapat membahayakan masyarakat.

"Malam saya ke sana. Konfirmasi, takutnya hoaks. Katanya memang betul ada suara gerrrr dan kecil getaran juga semenit lebih. Saya khawatirnya seperti di Kadudampit dulu ada pergerakan tanah, tapi dari BPBD ke sana juga enggak ada retak," kata Pipin saat ditemui detikJabar di kantornya, Senin (25/4/2022)

Saat ditanya terkait kepastian sumber suara, Pipin mengatakan sempat mendengar cerita yang berhubungan dengan hal mistis. Terlebih, suara gemuruh itu didengar warga bukan hanya 1-2 kali saja.

"Ada cerita, nggak tahu benar atau tidaknya. Ini hanya secara pengetahuan mistis, memang dulu suka ada suara-suara gemuruh. Bahkan tukang nguseup (pemancing) kadang (dengar) gerrrr langsung pada lari," ujarnya.

Terlepas dari itu semua, pihaknya memastikan tidak ada kerusakan ataupun potensi bencana alam. Pipin memaparkan, daerah Selajambe termasuk daerah tidak rawan longsor.

"Aman, enggak ada retak atau apa biasa saja. Di sana kebanyakan kolam, sawah dan kebun. Tidak rawan longsor karena tanahnya tidak lamping, Selajambe tidak ada daerah rawan," katanya.

Sementara itu, warga sekitar yang tak ingin disebutkan identitasnya mengakui suara gemuruh itu memang sering terdengar. Tahun lalu, suara gemuruh itu juga terdengar di bulan Ramadan.

"Saya enggak sempat video da kan enggak tentu suaranya. Geleger gitu suaranya, abdi mah tos biasa, kapungkur ge sok aya (Saya sudah biasa, dulu juga selalu ada suara gemuruh)," kata ibu yang tengah menggendong anaknya itu.

Namun, pada Jumat-Sabtu (23-24 April 2022) lalu suara gemuruh itu terdengar dua kali dibarengi dengan getaran kecil. "Ari nu eta mah dua hari, rada endeur. Sanes guludug, rada aya lini (Kalau yang terbaru itu dua hari, agak bergetar. Bukan petir, seperti ada gempa kecil)," tuturnya.

Disinggung soal cerita mistis, ibu tersebut menyangkal bahwa fenomena suara gemuruh itu bersumber dari hal gaib. "Ah nggak. Orang Babakan juga bilang karena dekat kuburan. Tapi saya dari dulu juga tinggal di deket makam nggak ada apa-apa," pungkasnya.

Pantauan detikJabar di lokasi tempat suara gemuruh terdengar warga memang nampak pesawahan, beberapa kolam ikan dan tempat pemakaman umum. Wilayah tersebut terhitung sebagai ujung dari Kampung Selabintana. Kabar viralnya suara gemuruh itu sontak menggegerkan warga sekitar.

Sumber : detik

0 comments: