Kalahkan Ganjar, Popularitas Ahok dan Anies Cuma Beda Tipis di Survei

Kamis, April 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Kalahkan Ganjar, Popularitas Ahok dan Anies Cuma Beda Tipis di Survei
Ilustrasi Basuki Tjahaja Purnama/Ahok. [Suara.com/Eko Faizin]

Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) baru saja merilis hasil survei nasional tentang tokoh-tokoh politik yang paling disukai dan dikenal. Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sukses masuk dalam tiga besar.

Melansir Wartaekonomi.co.id -- jaringan Suara.com, hasil survei IPN mengumumkan jika tiga besar tokoh politik yang paling disukai dan dikenal publik adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Ahok.

Peneliti senior IPN, Ike Sihotang mengatakan, ketiga tokoh itu memiliki persentase yang sangat beragam. Prabowo menempati posisi pertama sebagai sosok yang paling disukai dan dikenal oleh publik, dengan angka lebih dari 90 persen.

"Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen," kata Sihotang dalam keterangan resmi, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, popularitas Prabowo itu berkat kinerja dan sikap-sikap politiknya yang dinilai sempurna. Prabowo juga dinilai mampu menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik.

Kemudian di posisi kedua, ada Anies Baswedan yang mendapat angka 81,1 persen dan kesukaan 57,7 persen. Menyusul Anies, nama Ahok bertengger di posisi ketiga setelah meraih popularitas 80,0 persen dan tingkat kesukaan hanya 24,3 persen.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menempati posisi keempat, dengan meraih popularitas 90,5 persen dan tingkat kesukaan 69,9 persen.

Selanjutnya Ketua DPR Puan Maharani mendapatkan popularitas 77,8 persen dan tingkat kesukaan 30,6 persen. Lalu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan popularitas 76,2 persen dan tingkat kesukaan 34,4 persen.

Di luar lima besar, ada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang meraih tingkat popularitas 75,0 persen dan tingkat kesukaan 31,9 persen. Kemudian Menko Polhukam Mahfud MD dengan popularitas 73,3 persen dan tingkat kesukaan 32,2 persen.

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat popularitas 73,9 persen dan tingkat kesukaan 50,7 persen. Terakhir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meriah popularitas 70,7 persen dan tingkat kesukaan 50,1 persen.

Sebagai informasi, IPN menggelar survei terkait sosok pemimpin di mata publik jelang Pemilu 2024. Survei ini diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022, dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia.

Adapun metode penelitian survei ini menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber : Suara.com

0 comments: