Mengapa Hasil Budaya Masa Megalitikum Selalu Berkaitan dengan Pemujaan Roh Nenek Moyang?

Selasa, April 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rumah dari batu besar di Lahat. (Foto: Dok Aswari Rivai)

MENGAPA hasil-hasil budaya masa batu besar (megalitikum) selalu berkaitan dengan pemujaan kepada roh nenek moyang? Pertanyaan ini mungkin pernah muncul dalam pikiran Anda ketika membahas tentang zaman pra-aksara atau zaman pra-sejarah.

Von Heine Geldren mengatakan zaman Megalithikum dibagi menjadi dua gelombang, yaitu Megalitikum tua yang berkembang dari 2500 - 1500 SM dan Megalitikum Muda pada 1000 - 10 SM.

Zaman ini adalah perkembangan dari zaman sebelumnya, yaitu zaman neolitikum. Pada masa ini, manusia purba sudah memiliki pemikiran untuk membuat dan menghasilkan sebuah bangunan dan alat-alat lainnya dari batu-batuan besar. Manusia purba juga sudah mulai tinggal secara menetap, memiliki kelompok, dan juga dapat menghasilkan makanan sendiri serta bercocok tanam.

Lantas, Mengapa hasil-hasil budaya masa batu besar (megalitikum) selalu berkaitan dengan pemujaan kepada roh nenek moyang? Berikut jawabannya.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah karena di zaman ini, manusia purba telah lebih maju dan modern. Mereka juga mengenal tentang sebuah kepercayaan dan membangun sebuah kebudayaan. Kepercayaan yang dianut oleh manusia purba di zaman itu adalah animisme. Animisme adalah sebuah kepercayaan kepada makhluk halus atau roh nenek moyang yang telah meninggal. Mereka mempercayai bahwa roh nenek moyang yang telah meninggal masih terus hidup di dunia arwah.

Itulah mengapa hasil kebudayaan yang diciptakan pada masa batu besar atau Megalitikum biasanya dipersembahkan dan berkaitan erat dengan pemujaan roh nenek moyang. Bukti-buktinya seperti:

Dolmen yang digunakan untuk meletakkan sesaji kepada roh nenek moyang.

Punden berundak, yaitu sebuah bangunan yang yang bersusun dan berfungsi sebagai tempat pemujaan kepada roh nenek moyang.

Arca batu yang digunakan sebagai representasi wujud dari nenek moyang mereka sendiri.

dan lain-lain.

Demikian jawaban tentang Mengapa hasil-hasil budaya masa batu besar (megalitikum) selalu berkaitan dengan pemujaan kepada roh nenek moyang?


Sumber : okezone.com

0 comments: