Mengenal Masjid Bani Anif, Situs Jejak Sejarah Nabi Muhammad

Rabu, April 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MADINAH adalah rumah bagi banyak situs sejarah Islam yang berkaitan erat dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW. Itu adalah saksi dari berbagai eksploitasi dan cerita yang didokumentasikan dalam sejarah Islam dan disebutkan dalam hadits mulia.

Di antara situs-situs tersebut adalah Masjid Bani Anif, yang terletak di barat daya Masjid Quba. Ini adalah tempat yang menonjol bagi pengunjung Madinah selama perjalanan iman mereka untuk haji dan umrah

Melansir dari Arab News,  peneliti sejarah Fouad bin Dhaif Allah Al-Maghamisi mengatakan bahwa masjid itu milik orang-orang Bani Anif, yang memiliki aliansi dengan Bani Amr bin Auf dari Aws, orang-orang Quba.

Ilustrasi

Bangunan Masjid Bani Anif di Madinah (SPA/Arab News)

Diceritakan bahwa Nabi Muhammad biasa mengunjungi yang besar pendamping Talha Al-Bara di sana. Menurut riwayat, Rasulullah juga pernah shalat di sana.

Pada masa pemerintahan Raja Salman, Masjid Banu Anif mengalami pemugaran yang mempertahankan bentuk bangunan batu bersejarahnya.

Itu adalah bagian dari proyek restorasi yang mencakup beberapa masjid bersejarah di Kerajaan Arab Saudi pada umumnya dan Madinah pada khususnya, dalam Program Nasional Saudi untuk Perawatan Masjid Bersejarah.

Masjid Banu Anif terbuka untuk jamaah dan pengunjung sepanjang waktu. Banyak sejarawan dan peneliti yang tertarik dengan perjalanan Nabi Muhammad sering mengunjungi situs tersebut.

Sumber :okezone

0 comments: