Mengenal Tradisi Padusan di Jepara, Simbol Membersihkan Diri

Selasa, April 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 04 04 406 2572802 mengenal-tradisi-padusan-di-jepara-simbol-membersihkan-diri-kVNF6sWQV3.jpg

BUPATI Jepara Dian Kristiandi bersama warga Desa Tempur, Kecamatan Keling menggelar tradisi padusan atau mandi di sungai Tempur. Tradisi ini merupakan simbol membersihkan diri saat menjelang Ramadan.

Selain warga, tradisi padusan di sungai ini juga diikuti sejumlah pimpinan partai politik.

Kegiatan diawali dengan menanam pohon di sekitar kawasan Lereng Muria. Kemudian dilanjutkan dengan mandi di sungai bersama warga. Tidak hanya kelompok dewasa, tapi juga anak-anak mengikuti tradisi ini.

infografis

"Kita melaksanakan tradisi mandi di sungai. Ini merupakan salah satu kebudayaan kita menjelang Ramadan dengan mandi bersih secara fisik pada Sabtu lalu," kata Andi.

Selain itu, tradisi padusan ini juga untuk saling bertemu dan memberikan maaf. Baik yang disengaja maupun tidak di sengaja. Sehingga saat menjalani puasa akan merasa tenang dan penuh suka cita.

"Ini merupakan tradisi masyarakat di Jepara. Dalam kerangka menjaga kelestarian budaya dan alam, juga lingkungan," katanya.

Di sela kegiatan tersebut, Andi juga mengajak warga untuk membersihkan Sungai Tempur. Meskipun sudah bersih terkadang ada yang masih iseng untuk membuang sampah di sungai.

"Sekalian kita mengedukasi warga masyarakat juga anak-anak untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga bisa masuk dalam hati dan pikirannya bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman," ujarnya.

Bupati Andi berharap, menyambut datangnya bulan suci Ramadan ini bisa menjadikan pribadi yang bersih secara fisik maupun rohani.



Sumber : OKEZONE

0 comments: