Misteri Gunung Pegat Wonogiri: Bikin Pasangan Cerai?

Kamis, April 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



Solopos.com, WONOGIRI — Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, lekat dengan kisah misteri keberadaan makhluk halus. Konon, siapapun yang berani ke sana harus siap menerima kesengsaraan hidup.

Mitos itu kabarnya berlaku kepada siapapun, khususnya pengantin baru. Jadi, bagi yang tidak ingin rumah tangganya berantakan atau mengalami musibah, sebaiknya jangan nekat mampir ke Gunung Pegat di Desa Ngadiroyo, Nguntoronadi, Wonogiri.

Konon, makhluk halus penunggu Gunung Pegat bernama Mbah Glondor sangat tidak suka melihat pasangan yang bahagia. Kabarnya, Mbah Glondor meninggal dalam kondisi sakit hati. Dia berikrar akan menghancurkan setiap kebahagiaan mereka yang datang ke Gunung Pegat.

Menurut cerita yang dipercaya masyarakat, dulu Mbah Glondor harus rela ditinggal pasangannya. Mbah Glondor yang sakit hati berjanji menduda seumur hidup.

Gunung Pegat Wonogiri merupakan gunung yang dibelah karena pembangunan jalan. Alhasil, pegunungan Ngadiroyo yang menghubungkan Wonogiri dan Pacitan itu dibelah. Itulah yang menjadi cikal bakal Gunung Pegat.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti kebenaran mitos Gunung Pegat itu benar-benar menyebabkan perceraian atau tidak.

Kontur Jalan
Saat melintasi kawasan Gunung Pegat Wonogiri, pengguna jalan harus ekstra berhati-hati. Wilayah tersebut rawan longsor dan pohon tumbang saat musim hujan. Ditambah lagi dengan kontur jalan sekitar 6 meter berupa tikungan tajam, tanjakan, dan turunan.

Pemilik warung kelontong di Dusun Kepuh Kulon, Desa Bumi Harjo, Nguntoronadi selatan Gunung Pegat, Mar, saat ditemui Solopos.com pada 2016 lalu, mengatakan sejak dahulu jalur dekat Gunung Pegat tidak ada penerangan. Penerangan hanya terdapat di depan rumah warga kampung utara dan selatan gunung.

Menurut perempuan berusia 50-an tahun itu kondisi itu ironis. Sebab, jalur itu merupakan jalur utama dari Ngadirojo menuju Baturetno dan Pacitan, Jawa Timur yang setiap hari dilalui kendaraan besar.

Sumber : solopos

0 comments: