Pacu Jalur di Kuansing Kembali Digelar Oktober Mendatang

Kamis, April 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


PARA pendayung saat berlatih jelang Pacu Jalur di Batang Kuantan, Rabu, 21 Agustus 2019.
SELASAR RIAU, PEKANBARU - Setelah vakum tak digelar sejak pandemi COVID-19 melanda, akhirnya pacu jalur di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, kembali digelar.
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, mengatakan pacu jalur kembali diizinkan untuk digelar pelaksanaannya di Oktober 2022 mendatang.

Biasanya pacu jalur diselenggarakan pada setiap bulan Agustus memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.
“Pacu jalur tahun ini segera kita laksanakan. Pak Gubernur Riau sudah memberikan intruksi kepada saya. In syaa Allah bulan 10. Oktober mendatang,” katanya, Selasa malam (19/4/2022).
Suhardiman menjelaskan, pacu jalur akan dilaksanakan di Oktober 2022 mendatang nantinya juga diikuti kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau X.
Porprov ini, tuturnya, juga akan dilaksakan di Kuansing. Meskipung kegiatan pacu jalur kembali di gelar, Suhardiman meminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).
“Harus tetap prokes dan mengikuti vaksin yang sudah disediakan disetiap puskesmas,” ujarnya.
Aminah, warga warga Kuansing mengaku senang pacu jalur akan kembali digelar. Pasalnya, Festival Pacu Jalur merupakan acara budaya masyarakat tradisional Kuansing.
“Senang pastinya. Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat Kuansing,” pungkasnya.



Sumber : kumparan.com

0 comments: