Panduan Cara Membuat Toko Online dengan Mudah untuk Pemula

Rabu, April 27, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Panduan Cara Membuat Toko Online dengan Mudah untuk Pemula
Ilustrasi menjual produk di Online shop. (Envato)

Suara.com - Ingin aktivitas bisnis online Anda lebih efektif? Buat toko online jadi cara terbaik yang bisa dilakukan, selain menguntungkan, rupanya cara membuat toko online sendiri juga cukup mudah untuk dipraktekan bahkan bagi pemula sekalipun.

Namun, apa itu toko online? Toko online adalah sebuah toko dalam bentuk website yang menjual barang-barang secara online. Jika dibandingkan dengan cara berjualan lewat media sosial dan marketplace, toko online tentunya memberi nilai plus tersendiri bagi pemiliknya.

Sebut saja terciptanya kesan yang lebih profesional, melakukan branding produk dengan bebas, hingga mengadakan campaign sesuai tema dan kebutuhan bisnis. Menarik, bukan? Nah, apabila Anda juga berencana membuka website toko online sendiri, berikut adalah panduan lengkapnya.

Cara Membuat Toko Online dengan Mudah

Tak perlu keahlian khusus, sebab cara membuat toko online berikut cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

1. Menentukan nama domain toko online

Cara membuat website toko online sendiri tentu saja diawali dengan memilih nama domain yang sesuai. Pastikan nama toko online relevan dengan produk jualan, menarik, unik atau belum dipakai oleh pesaing, dan singkat. Akan lebih baik lagi apabila Anda menggunakan nama toko online yang mengandung kata kunci (keyword) sehingga lebih mudah untuk ditemukan konsumen. Ya, ini adalah salah satu tips online marketing yang tak boleh Anda lewatkan saat membuka toko online.

Nah, apabila Anda masih bingung, berikut tips menentukan nama toko online untuk dicoba:

Kata kerja + produk jualan = CariBatik

Merek + nama industri = RatuBatik

2. Membeli hosting toko online

Cara membuat toko online sendiri yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memilih dan membeli hosting sesuai kebutuhan bisnis. Langkah ini cukup krusial karena hosting akan menentukan performa website toko online Anda.

Apabila masih bingung, berikut spesifikasi minimal hosting untuk toko online:

1 GB RAM dan 1 Core CPU. Hosting sejenis ini bisa dipakai untuk website dengan tingkatan traffic Low sampai Medium, sedangkan traffic Medium hingga High akan membutuhkan 2 GB RAM dan 2 Core CPU.

Disk Space 2 GB. Website toko online setidaknya memiliki diskspace 2 GB yang nantinya akan dipakai untuk menyimpan gambar-gambar produk jualan.

Memakai SSD Storage. Ada dua jenis storage yang bisa dipilih yaitu SSD dan HDD. Pastikan Anda memilih hosting dengan SSD Storage karena mampu menunjang performa yang lebih tinggi.

Unlimited Inodes. Hal ini penting demi menunjang penyimpanan file toko online Anda.

3. Install CMS toko online

Tadi telah disebutkan jika toko online adalah toko dalam bentuk website. Oleh karenanya, Anda membutuhkan CMS (Content Management System) untuk mengembangkan dan mengelola websitenya. Nah, jika Anda sedang mencari cara membuat toko online gratis dan mudah, maka pilih saja CMS WordPress. Mengapa? WordPress adalah salah satu CMS yang bisa diinstall secara gratis dan open source serta mudah digunakan dan dioptimasi mengingat WordPress memiliki banyak tema dan didukung oleh berbagai macam plugin.

Cara membuat toko online gratis dan mudah menggunakan WordPress

Namun, bagaimana cara membuat toko online sendiri dengan WordPress? Ini dia tahapannya:

1. Install WordPress melalui Softaculous Cara membuat toko online dengan WordPress yang pertama adalah Anda harus login ke halaman cPanel. Pergi ke kategori Software dan klik menu Softaculous. Pilih logo WordPress untuk menginstallnya. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang tersedia hingga WordPress benar-benar terpasang.

2. Login WordPress Pergi ke halaman login WordPress dengan memasukkan domain toko online Anda diikuti /wp-admin. Contoh: Ratubatik.com/wp-admin. Lalu, masukkan username yang Anda pakai saat menginstall WordPress tadi

3 Install dan aktifkan plugin Woocommerce Setelah berhasil login ke dalam dashboard WordPress, pergi ke menu Plugins dan klik Add New. Cari plugin Woocommerce, install dan aktifkan.

4. Masukkan data toko online di halaman setting Woocommerce Apabila plugin Woocommerce berhasil terpasang, Anda akan diarahkan ke halaman setting Woocommerce. Isilah data yang diperlukan hingga akhir.

5. Unggah produk-produk jualan Cara membuat toko online dengan WordPress berikutnya adalah mengunggah produk jualan. Pilih menu Products lalu klik Add New. Tambahkan judul atau nama produk, deskripsi produk, harga jual, kategori produk, gambar produk dan informasi lainnya. Klik Publish untuk mengunggahnya. Pastikan nama, deskripsi, dan informasi produk lainnya mengandung keyword agar lebih mudah ditemukan konsumen dan muncul pada halaman pencarian Google. Selain itu, pastikan gambar produk yang Anda gunakan sudah jelas, menarik dan terkompress agar ukurannya tidak terlalu besa

6. Cek kembali hasil postingan produk Klik tombol View di bawah kanan atas halaman untuk melihat apakah tampilan produk dan informasi lainnya sudah sesuai. Ulangi panduan cara membuat toko online dengan WordPress di atas untuk mengunggah lebih banyak produk jualan.

4. Optimasi website toko online

Gambar. Pastikan gambar yang digunakan memiliki kualitas baik dan jernih, menarik, bebas dari copyright dan ukurannya ringan. Hal ini dapat mempengaruhi User Experience sekaligus sisi SEO karena website bisa menampilkan gambar dalam waktu singkat.

UI/UX (Tampilan Website). Buat website toko online Anda desktop dan mobile friendly. Artinya, toko online Anda bisa diakses dengan mudah dan nyaman melalui perangkat mobile seperti smartphone. Kabarnya, mobile friendly menjadi salah satu penentu peringkat website oleh Google. Tak lupa juga, pastikan halaman-halaman website, khususnya halaman depan, didesain dengan rapi sehingga tidak membingungkan pengunjung.

Permalink. Anda bisa mengoptimasi sisi SEO Onpage website toko online dengan mengubah permalink di bagi menu Settings, lalu pilih Permalink. Gunakan keyword agar lebih optimal.

Itulah beberapa cara membuat toko online dengan mudah untuk pemula lengkap dari awal hingga selesai. Bagaimana? Cukup praktis, bukan? Namun, apabila Anda ingin memiliki website toko online dalam waktu yang lebih singkat lagi, Anda bisa membeli paket website toko online instan siap pakai yang sudah dilengkapi dengan ratusan template menarik dan fitur-fitur lainnya.

Sumber :suara

0 comments: